nusabali

Dr Somvir; Buka Peluang Investasi dan Kuatkan Pariwisata Bali

Dari Konferensi Internasional, 75 Tahun Hubungan Indonesia-India

  • www.nusabali.com-dr-somvir-buka-peluang-investasi-dan-kuatkan-pariwisata-bali

DENPASAR, NusaBali - Konferensi Internasional bertajuk ’Gema di Balik Gelombang; Meninjau Kembali Jalinan Persimpangan Warisan Budaya Bersama India dan Bali digelar di Hyatt Regency, Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, 14-16 September 2024.

Anggota Komisi I DPRD Bali, Dr Somvir yang diundang secara pribadi dan sebagai anggota legislatif menyatakan, konferensi internasional ini akan membuka peluang kerjasama diberbagai aspek, mulai bidang investasi, bisnis, kebudayaan, pendidikan hingga kepariwisataan.

Indonesia dan India saat ini sedang memperingati 75 tahun hubungan diplomatik. Konferensi untuk memperdalam pemahaman tentang jalinan hubungan budaya lama India dan Indonesia diprakarsai, Konsulat Jenderal India-Indonesia, Bali, Maulana Abul KalamAzad Institute of Asian Studies (MKAIAS) Kementerian Kebudayaan dan Institute of Social and Cultural Studies (ISGS), sebuah think thank termuka berbasis di India Timur. 

Peserta yang hadir sekitar 150 orang dari pakar budaya terkemuka antara kedua negara. Ada diskusi sehari dengan sesi pleno. Acara dibuka Duta Besar India untuk Indonesia, Sandeep Chakravorty. Sementara tokoh-tokoh budayawan yang hadir ada Prof Dr Made Bandem, Prof Dr I Wayan Dibia, Calon Anggota DPD RI Dapil Bali 2024 terpilih, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna, Anggota Komisi I DPRD Bali Dewa Nyoman Rai Adi, Dr Somvir dan tokoh lainnya.

“Konferensi Internasional budaya Indonesia dan India ini bisa menguatkan hubungan kebudayaan kedua negara diberbagai bidang, mulai kebudayaan, sektor bisnis, investasi, pendidikan, kepariwisataan,” ujar Dr Somvir di Denpasar, Rabu (18/9).

Politisi Partai NasDem yang sudah dua periode di DPRD Bali Daerah Pemilihan (Dapil) Buleleng ini mengatakan, warga negara India yang berwisata ke Bali jumlahnya sangat banyak. Sehingga potensi Bali memajukan sektor pariwisata terbuka lebar. Somvir memberikan dukungan penuh untuk kemajuan pariwisata Bali.

Kata dia, hubungan kuat pemerintah India dan Indonesia khususnya Bali akan semakin membuat fokus dan membuat maju ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19. Kata dia, India saat ini merupakan negara nomor urut ke-4 dunia dengan kekuatan ekonominya yang semakin maju pesat. 

“Saya secara pribadi dan sebagai wakil rakyat Bali melihat kerjasama Indonesia-India semakin mantap, akan saling menguntungkan kedua negara dan Provinsi  Bali khususnya. Bali banyak diuntungkan karena investasi dari India bisa ditarik ke Bali. Demikian juga sebaliknya. Duta Besar India sangat senang dengan konferensi budaya Indonesia-India ini,” ujar mantan dosen tamu di Fakultas Sastra Universitas Udayana dan  Universitas Indonesia, Jakarta ini.n nat 

Komentar