nusabali

Kemenag Gianyar Penyuluhan dengan Topeng Bondres

  • www.nusabali.com-kemenag-gianyar-penyuluhan-dengan-topeng-bondres

GIANYAR, NusaBali - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gianyar melaksanakan penyuluhan dengan pentas topeng bondres. Penyuluh Agama Hindu menyempaikan satua Bali dan pengertian karmaphala kepada anak-anak di Yayasan Graha Santhi Kumara, Banjar Purnadesa, Desa Siangan, Kecamatan Gianyar, Kamis (19/9). Penyuluhan dengan pentas tari topeng merupakan inovasi agar materi penyuluhan mudah dipahami.

Kasi Urusan Agama Hindu Ida Bagus Rai Supada seizin Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar Ida Bagus Made Oka Yusa Manuaba mengatakan, tari topeng sering digunakan dalam berbagai ritual, upacara, dan pentas hiburan. 


“Kami mementaskan bondres yang bersifat hiburan dalam menyampaikan materi penyuluhan kepada anak-anak,” jelas Ida Bagus Rai Supada. Anak-anak mendapatkan hiburan, tontonan sekaligus tuntunan. Dia menambahkan, penyuluhan kepada anak-anak lebih mengedepankan humoris. Harapannya, anak-anak dapat memahami materi yang disampaikan. 

Dalam penyampaian materi karmaphala, anak-anak diberikan contoh yang ada di lingkungan sekitar. Penyuluh Agama Hindu, Ida Bagus Putu Wiadnyana Manuaba, mengungkapkan penggunaan topeng saat penyuluhan menciptakan suasana baru dalam menyampaikan pesan kepada anak-anak. 

“Satua yang kami bawakan adalah I Lutung teken I Kekua yang di dalamnya mengandung nilai-nilai moral dan mitologi. Cerita ini bisa digunakan untuk mengajarkan anak-anak tentang etika, sejarah, dan budaya Bali,” ujar Ida Bagus Wiadnyana. 7 nvi

Komentar