nusabali

Badung Angelus Buana Lanjut, Tabanan Terima Hibah-BKK Rp 108 M

Warga Tabanan Sambut Antusias Bupati Giri Prasta

  • www.nusabali.com-badung-angelus-buana-lanjut-tabanan-terima-hibah-bkk-rp-108-m

TABANAN, NusaBali - Program Badung Angelus Buana, Badung berbagi dari Badung untuk Bali berlanjut di Kabupaten Tabanan.

Dalam anggaran Perubahan, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan secara simbolis hibah dan BKK (Bantuan Keuangan Khusus) senilai Rp 108 miliar bertempat di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Jumat (20/9).

Total Kabupaten Badung sudah menggelontorkan hibah dan BKK di tahun 2024 sebesar Rp 304 miliar setelah sebelumnya pada anggaran induk 2024 telah diserahkan hibah dan BKK ke Tabanan sebesar Rp 232 miliar. Kehadiran Bupati Giri Prasta bersama Pj Sekda Badung dan Ketua DPRD Badung disambut langsung Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Ketua DPRD Tabanan I Nyoman Arnawa dan berbagai pejabat lainnya, termasuk Camat se-Kabupaten Tabanan dan tokoh masyarakat. 

Kehadiran Bupati Giri Prasta ini menjadi momen yang dinanti-nanti oleh warga, mencerminkan semangat kolaborasi antardaerah di Bali. Bupati Sanjaya dalam sambutannya mengekspresikan kebanggaan dan rasa terima kasihnya kepada Bupati Giri Prasta. Dia menyebut Giri Prasta sebagai seorang sahabat dan Bupati semua kabupaten, mengingat kontribusinya yang signifikan terhadap Kabupaten Tabanan melalui program Angelus Buana. "Beliau telah banyak memberikan bantuan tidak hanya kepada kita di Kabupaten Tabanan, tetapi juga memeluk kabupaten-kabupaten lain yang ada di Bali,” ujarnya

Sanjaya juga menyoroti besarnya dana yang telah dikucurkan oleh Bupati Badung untuk Kabupaten Tabanan. Dipaparkan pada anggaran induk tahun 2024, Bupati Giri telah mengalokasikan dana sebesar Rp 232 miliar. Dan pada anggaran perubahan tahun 2024 ditambah sebesar Rp 108 miliar. Sehingga total anggaran yang digelontorkan untuk hibah dan BKK mencapai Rp 340 miliar.

"Untuk itu kami sangat berterimakasih kepada Bapak Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta atas segala bantuannya kepada masyarakat kami di Kabupaten Tabanan. Dan berharap melalui program Angelus Buana semua kabupaten di Bali akan merasakan manfaat dan menjaga semangat persaudaraan menyama braya sebagai sebuah ikatan persaudaraan, one island, one management,” harap Bupati Sanjaya. 

Sementara itu Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam kesempatan itu, menyampaikan visi dari program Angelus Buana. 

Menurutnya, Angelus Buana dilakukan sebagai bagian dari menjalankan pemerataan ekonomi. Jika pemerataan ekonomi berjalan maka nilai di masyarakat Tabanan ini meningkat. "Tujuan akhirnya, saya ingin terwujudnya kesejahteraan yang berkeadilan,” ujarnya. Dengan kehadiran Bupati Sanjaya dan Bupati Giri Prasta dalam acara tersebut menunjukkan komitmen mereka untuk bekerja sama dalam membangun kesejahteraan rakyat. Dengan dukungan anggaran yang signifikan, diharapkan program-program yang dilaksanakan dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat Tabanan dan Bali secara keseluruhan.

Acara tersebut juga menjadi ajang silaturahmi dan penguatan hubungan antara pemerintah kabupaten di Bali. Dengan semangat kolaborasi, diharapkan sinergi antar kabupaten dapat terus terjalin demi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Untuk diketahui, jumlah daftar prioritas yang akan menerima hibah perubahan pada 2024 saat itu tercatat sebanyak 195 paket dengan nilai Rp 73 miliar. Dan jumlah penerima BKK sebanyak 22 paket senilai Rp 35 miliar. Total dana hibah dan BKK yang diterima Kabupaten Tabanan pada anggaran perubahan dari Badung senilai Rp 108 miliar. @ des

Komentar