nusabali

IShowSpeed Ikut Mekecakan di DTW Uluwatu

  • www.nusabali.com-ishowspeed-ikut-mekecakan-di-dtw-uluwatu

MANGUPURA, NusaBali - Kedatangan IShowSpeed, YouTuber asal Amerika yang tengah viral di Indonesia, kembali menggebrak dunia maya.

Setelah menjelajahi Kota Tua, Jakarta Barat pada 18 September 2024, Darren Jason Watkins Jr atau yang lebih dikenal dengan IShowSpeed, mengunjungi DTW Kawasan Luar Pura Luhur Uluwatu, Kuta Selatan, pada Kamis (19/9) malam. Kedatangan IShowSpeed bukan sekadar untuk menonton, tetapi juga ikut meramaikan pertunjukan tari Kecak yang legendaris. 

Manager Pengelola DTW Kawasan Luar Pura Luhur Uluwatu I Wayan Wijana tak memungkiri kedatangan salah satu orang yang paling berpengaruh di YouTube itu. Menurut Wijana kedatangan IShowSpeed adalah kesempatan yang sangat baik dan membawa dampak positif bagi DTW Uluwatu. “Bagus itu, kehadirannya membawa impact positive bagi kawasan DTW Uluwatu, sungguh luar biasa jika banyak YouTuber bisa datang ke Uluwatu. Ini namanya direct promotion, artinya YouTuber sebagai orang terkenal akan membawa nama Uluwatu,” kata Wijana, Jumat (20/9) pagi.

Wijana mengakui, kehadian YouTuber itu tidak melalui undangan secara khusus, melainkan datang sendiri bersama tim. Dia menilai kehadiran IShowSpeed yang tidak diundang secara formal, tetapi tetap bersedia untuk menikmati pertunjukan tari Kecak, menunjukkan bahwa pertunjukan tersebut kini telah dikenal di mancanegara.

“Tanpa kita undang secara formal dia berkenan berkunjung dan nonton Kecak, sungguh luar biasa. Itu pertanda Kecak di Uluwatu telah dikenal di mancanegara,” ucap Wijana.

Dikonfirmasi terpisah, I Made Adi Astawa selaku Ketua Sekaa Kecak Uluwatu, mengatakan jika timnya mendapat sebuah pesan melalui Instagram dari IShowSpeed yang menanyakan tentang pertunjukan tari Kecak. Meskipun tidak ada konfirmasi tentang kedatangannya, tim segera menginformasikan bahwa ada pementasan Kecak sore itu. Saat IShowSpeed tiba dengan timnya, Adi mengatakan jika mereka diperlakukan sama seperti pengunjung lainnya dan tetap membeli tiket. “Dia duduk paling depan di sesi pertama menonton kecak,” ungkap Adi.

Momen ini menjadi lebih menarik ketika tim IShowSpeed bertanya, apakah bisa ada interaksi dengan pementasan. Tim pengelola menjelaskan bahwa saat pertunjukan terdapat segmen di mana sosok Hanoman dapat mengajak penari untuk menari. Menariknya, penari Hanoman yang mengetahui ketertarikan IShowSpeed terhadap Ronaldo, menciptakan adegan selebrasi ‘SIU’ yang menyenangkan saat memanggilnya untuk menari.

Setelah pertunjukan, Adi mengajak IShowSpeed untuk menari di Pelataran Pura Taksu bersama para penari lainnya, termasuk Dewi Sita dan Sugriwa. Momen ini pun direkam oleh timnya dan viral dengan cepat dalam waktu kurang dari lima menit, video tersebut sudah ditonton hampir satu juta orang. Adi menjelaskan jika pihaknya di pengelola tidak meminta bayaran khusus dari IShowSpeed, melainkan menganggap kedatangan dan konten tersebut sebagai promosi yang sangat berharga bagi pertunjukan Kecak.

Salah satu Tour Guide, Surya Pradana, 23, merasakan keberuntungan luar biasa saat menyaksikan aksi IShowSpeed di DTW Kawasan Luar Pura Luhur Uluwatu. Saat sedang menjelaskan sejarah tari Kecak kepada tamunya, Surya mendapati IShowSpeed melintas tepat di depannya. “Saya merasa sangat beruntung kemarin posisi lagi kerja handle tamu, sedang jelasin sejarah tari Kecak, tiba-tiba IShowSpeed lewat depan mata, ya Im so lucky karena menurut saya pengalaman seperti ini cuma satu kali seumur hidup,” ungkapnya.

Surya menceritakan reaksi penonton saat IShowSpeed masuk ke panggung utama pun luar biasa. Banyak yang terkejut dan bersorak-sorai memanggil namanya. Termasuk juga tamunya yang berasal dari Amerika, merasa beruntung bisa menyaksikan pertunjukan Kecak di Uluwatu dan bertemu IShowSpeed. 7 ol3

Komentar