nusabali

Kelompok Nelayan Terima DAK Rp 2,7 M

  • www.nusabali.com-kelompok-nelayan-terima-dak-rp-27-m

SEMARAPURA, NusaBali - Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika menyerahkan bantuan bidang kelautan dan perikanan bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Tahun 2024 kepada Kelompok Nelayan di Pantai Segara, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Jumat (20/9). Jendrika didampingi Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung Anak Agung Putra Wedana. Kabupaten Klungkung mendapatkan alokasi prioritas DAK 2024 sebesar Rp 2.721.227.415.

Gung Wedana mengatakan, bantuan dialokasikan untuk 4 kegiatan di bidang kelautan dan perikanan. Masing-masing rehabilitasi UPTD Rp 231.463.946 yang digunakan untuk penyediaan calon induk unggul, penyediaan sumber air, dan peralatan produksi. Sarana dan prasarana pemberdayaan nelayan skala kecil Rp 1.281.257.000. Kegiatan ini merupakan pengadaan sarana dan prasarana untuk kelompok nelayan yang dialokasikan kepada 12 kelompok nelayan.

Anggaran Rp 499.931.204 untuk 4 kelompok budidaya yaitu 1 kelompok di Desa Batununggul, 1 kelompok di Desa Kusamba, 1 kelompok di Desa Takmung, dan 1 kelompok di Desa Negari. Rehabilitasi sentra pemindangan di Desa Kusamba Rp 708.575.265. “Dari 4 kegiatan ini hanya rehabilitasi sentra pemindangan yang masih dalam pengerjaan. Tiga kegiatan lain sudah terealisasi dan barang-barang sudah diserahterimakan kepada kelompok kelompok nelayan dan budidaya,” ujar Gung Wedana.

Bantuan yang diterima oleh kelompok tangkap yakni jaring, jukung/perahu, dan mesin tempel. Bantuan yang diterima kelompok budidaya bisa berupa sepeda motor roda tiga, pakan ikan, bibit ikan lele, obat-obatan ikan, peralatan budidaya, dan perbaikan kolam ikan. Pj Bupati Jendrika berpesan kepada kelompok nelayan yang menerima bantuan agar merawat dan menjaga bantuan yang diberikan. “Semoga bantuan yang terima bisa dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung kegiatan tangkap dan budidaya. Sehingga sektor perikanan bisa terus berlanjut dan unggul. Meningkatkan pendapatan masyarakat di Kabupaten Klungkung,” ujar Jendrika. 7 wan

Komentar