nusabali

Masyarakat Serbu Gerakan Pasar Murah

  • www.nusabali.com-masyarakat-serbu-gerakan-pasar-murah

GIANYAR, NusaBali - Gerakan Pangan Murah (GPM) digelar di Alun-alun Kota Gianyar, Jumat (20/9) pagi. Kegiatan ini untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan. Warga Gianyar menyerbu pasar murah untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari dengan harga murah.

 Pj Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa bersama Pj Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Widiastuti Wirasa, Sekda Gianyar I Dewa Gde Alit Mudiarta, kepala organisasi perangkat daerah (OPD), dan undangan hadir memantau kegiatan. 

Kadis Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gianyar I Gusti Ayu Dewi Hariani mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya pemerintah untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan. Menjaga inflasi tetap rendah dan stabil dengan menggandeng Bulog, ID Food, PPI, KWT, Gapoktan, dan UMKM. 

Pasar murah untuk mengantisipasi lonjakan harga jelang Hari Raya Galungan dan Kuningan. “Biasanya menjelang hari raya harga naik, dengan adanya gerakan pangan murah pasokan dan harga pangan tetap stabil dan dapat dikendalikan,” kata Ayu Dewi Hariani.

Pj Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Widiastuti Wirasa mengatakan, momen gerakan pangan murah kebetulan bersamaan dengan datangnya Hari Raya Galungan. “Kami berharap masyarakat dapat diringankan,” ujar Widiastuti Wirasa. Dijelaskan, GPM merupakan program Badan Pangan Nasional yang dilaksanakan melalui Dinas Ketahanan Pangan. Harga jauh di bawah harga pasaran atau di bawah harga eceran tertinggi (HET). 

“Tadi saya sempat bertanya, mereka mengatakan harga jauh dari harga pasaran,” jelasnya. Beras SPHP (Stabilisasi Pasokan Harga Pangan) 5 Kg dijual Rp 58.000 atau Rp 11.600 per Kg, gula pasir 1 Kg Rp 17.500, Minyak Goreng Kita 1 liter Rp 16.000, dan Beras Setra Ramos 5 Kg Rp 72.500. Ada juga sayur mayur dan buah-buahan. 7 nvi

Komentar