nusabali

19 Pramuka Karangasem Ikuti Perkemahan di Cibubur

  • www.nusabali.com-19-pramuka-karangasem-ikuti-perkemahan-di-cibubur

AMLAPURA, NusaBali - 19 anggota Kontingen dari Kwarcab (Kwartir Cabang) Gerakan Pramuka Karangasem mengikuti Pertikawan (Perkemahan Bhakti Saka Kalpataru dan Saka Wana Bakti) II tahun 2024, di Bumi Perkemahan dan Taman Wisata Cibubur, Jakarta Timur, 23 - 29 September. Kontingen ini dibagi dua, yakni reguler 8 orang dan mandiri 1 orang.

Mereka akan bergabung dengan Kontingen Kwarda Bali. "Kemah ini diselenggarakan berkat kerja sama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, semua peserta siap mengikuti semua agenda," jelas Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Karangasem I Putu Setia Budi, di ruang kerjanya, SMPN 6 Amlapura, Banjar Tista Gede, Desa Tista, Kecamatan Abang, Karangasem, Jumat (20/9).

Kata Setia Budi, Pertikawan sebelumnya tahun 2023 digelar di Bumi Perkemahan Kiarapayung Jatinangor, Sumedang, Jawa barat. Kegiatan ini bertujuan, agar generasi muda Pramuka jadi pioner dan teladan yang menerapkan prinsip hidup ramah lingkungan. Pesertanya nanti dibagi dua kelompok, Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti, tema dari acara itu, menuju Indonesia hijau 2030.

"Tujuan kemah, untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga kelestarian alam melalui kolaborasi antara sektor pendidikan, kehutanan dan lingkungan hidup," jelasnya.

Kata Setia Budi, dalam acara ada tiga jenis kegiatan dengan topik lestarikan alam peduli masa depan. Kegiatan prestasi terdiri dari konten kreator, pentas seni dan budaya, fotografi, produk 3R (reduce, reuse dan recycle), story telling, e-sport, panjat tebing, giat khusus, festival kuliner, karnaval budaya dan lain-lain. Sedangkan kegiatan malam yakni malam selamat datang, jumpa tokoh, pentas seni, malam Bhinneka Tunggal Ika, olahraga, korve tenda, dan lain-lain.

Dijelasnya, acara ini juga diisi giat krida, penginderaan jauh, pengukuran dan pemetaan, perisalah hutan, konservasi kawasan, keanekaragaman hayati, penanaman dan pemeliharaan tanaman, konservasi tanah dan air, pengelolaan hasil hutan dan bukan hutan, penegakan hukum kejahatan lingkungan, konservasi jenis satwa, penelusuran gua, pendakian, pembudidayaan tumbuhan, pembibitan dan lain-lain.

19 orang yang ikut Pertikawa 2024 dari reguler 8 orang yakni Ni Komang Risa Sandra Dewi dari SMKN 1 Kubu, I Putu Adirtya Eka Pratama dari SMAN 1 Bebandem, I Putu Gaga Arsixma Prayoga dari SMAN 1 Kubu, Haadi Romadhonidari MAN Karangasem, I Wayan Sana Widnyana dari SMKN 1 Abang, Ni Putu Sarita Mirasti Putri dari SMAN 1 Manggis, Ni Luh Ayu Kusuma Sari dari SMAN 1 Abang dan Ni Wayan Sugiani dari SMKN 1 Amlapura.

Sedangkan dari peserta mandiri, yakni I Gusti Agung Ayu Dwi Meytria Putri dari SMAN 1 Selat, I Made Ari Dwipayana d ari SMAN 1 Manggis, Ni Putu Liona Fidelia Vediv dari SMAN 1 Kubu, I Wayan Jineng dari SMAN 3 Amlapura, I Gede Bendesa Kasatwikan dari SMAN 1 Selat, I Gede Purnawan dari SMKN 2 Kubu, Luh Orsita Devrastiani dari SMAN `1 Kubu, Ni Luh Intan Sumartini dari SMKN 1 Kubu, Imtiyas Salsabila  dari MAN Karangasem, Farah Syifa Febriani dari MAN Karangasem dan Ni Komang Eca Lina Agustina dari SMAN 1 Kubu.7k16

Komentar