nusabali

Turis Rusia Bakal Banjiri Bali

Penerbangan Langsung Moscow-Bali Kembali Dibuka

  • www.nusabali.com-turis-rusia-bakal-banjiri-bali

DENPASAR, NusaBali - Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali Ida Bagus Agung Partha Adnyana, menyambut baik dibukanya kembali rute penerbangan langsung maskapai Aeroflot dari Moskow ke Denpasar mulai pekan ini. Dengan penerbangan langsung ini jumlah turis Negeri Beruang Merah ke Bali diperkirakan akan semakin meningkat.

Penerbangan langsung ini akan memperlancar akses wisatawan Rusia ke Bali, yang selama ini dikenal sebagai salah satu pasar utama pariwisata internasional Bali. Jumlah wisatawan Rusia sendiri sudah mencapai lebih dari 144.000 orang di tahun 2024.

“Dengan dibukanya penerbangan langsung Moskow-Denpasar oleh Aeroflot, GIPI Bali melihat peluang besar bagi sektor pariwisata dan ekonomi Bali,” ujar Partha Adnyana, Jumat (20/9).

Jadwal penerbangan dua kali seminggu akan memberikan fleksibilitas bagi wisatawan Rusia, sehingga mendorong kunjungan jangka panjang maupun pendek. Selain itu, kemungkinan pembukaan rute tambahan dari St Petersburg ke Bali akan semakin memperbesar akses pasar wisatawan Rusia. Penerbangan langsung ini menggunakan Airbus A350-900, yang dapat menampung hingga 316 penumpang, menawarkan potensi peningkatan frekuensi dan kapasitas wisatawan.

Gus Agung menyebut, manfaat langsung yang dapat dirasakan adalah peningkatan kedatangan wisatawan yang akan mendorong pertumbuhan sektor akomodasi, kuliner, serta industri terkait lainnya. Selain itu, peningkatan jumlah wisatawan juga akan memperbesar kontribusi terhadap ekonomi lokal melalui lapangan pekerjaan dan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Namun demikian, Gus Agung juga menekankan pentingnya kesiapan infrastruktur dan pelayanan di Bali untuk menyambut lonjakan ini. “Termasuk kolaborasi dalam bidang pariwisata budaya dan edukasi yang bisa memberikan pengalaman lebih mendalam bagi wisatawan,” katanya. 7 a

Komentar