nusabali

Pelatih Australia Akhirnya Mundur

  • www.nusabali.com-pelatih-australia-akhirnya-mundur

SYDNEY, NusaBali - Graham Arnold (61 tahun) mundur sebagai pelatih Timnas Australia. Keputusan itu dipicu hasil imbang 0-0 melawan Timnas Indonesia beberapa waktu lalu. Football Australia mengumumkan pengunduran diri Graham Arnold pada Jumat (20/9) siang WITA.

Keputusan Graham Arnold sejatinya tidak mengejutkan. Sebab, setelah kegagalan di Piala Asia 2023 dan hasil buruk pada dua laga awal putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Arnold mendapat banyak tekanan sejak menangani Australia pada 2018.

"Saya katakan setelah pertandingan melawan Indonesia bahwa saya harus membuat beberapa keputusan. Setelah merenung dalam-dalam, firasat saya mengatakan inilah saatnya berubah, baik untuk diri saya sendiri maupun program ini," kata Graham Arnold di situs Timnas Australia itu.

Di kualifikasi Piala Dunia 2026, Australia kalah 0-1 dari Bahrain di kandang sendiri. Setelah itu, imbang 0-0 lawan Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno. Hasil imbang tersebut jadi pukulan telak Australia karena sejatinya lebih diunggulkan menang. Faktor itulah membuat Graham Arnold mulai berpikir mundur dari posisi pelatih Australia.

Graham Arnold dua kali melatih Australia. Sebelum periode 2018-2024, dia juga jadi pelatih The Socceroos pada 2006-2007. Selain itu, Graham Arnold juga pernah jadi pelatih Australia pada level U-23.*

Komentar