nusabali

PTDI Dorong Ekosistem Dirgantara Bali Utara

Andalkan Pesawat N219 Karya Anak Bangsa

  • www.nusabali.com-ptdi-dorong-ekosistem-dirgantara-bali-utara

MANGUPURA, NusaBali - PT Dirgantara Indonesia (PTDI) terus berkomitmen untuk memajukan industri penerbangan nasional. 

Dalam rangka mendukung program Transformasi Ekonomi Kerthi Bali, perusahaan BUMN ini menginisiasi pengembangan ekosistem dirgantara di Bali Utara dengan memanfaatkan pesawat N219, hasil karya anak bangsa.

Direktur Utama PTDI, Gita Amperiawan, dalam acara Bali International Airshow (BIAS) 2024 mengatakan, pesawat N219 yang saat ini dipamerkan tidak hanya menjadi simbol pertumbuhan sektor dirgantara nasional, tetapi juga akan berperan penting dalam meningkatkan konektivitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Bali, terutama di kawasan utara.

“Kami sangat berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan Bali Utara. PTDI bersama BIFA akan melaksanakan pelatihan dan sertifikasi SDM yang berkualifikasi di bidang aviasi. Kami juga akan membangun bengkel pesawat agar N219 selalu siap beroperasi dan menjadikan Bali sebagai hub untuk N219 di Indonesia Timur,” ujar Gita ditemui di lokasi apron selatan Bandara Ngurah Rai, Tuban, Kuta pada Sabtu (21/9) pagi.

Dalam upaya memperkuat ekosistem dirgantara di Bali Utara, Gita mengatakan jika PTDI juga meresmikan sejumlah perjanjian kerja sama dengan berbagai mitra strategis. Kerja sama dengan Bali International Flight Academy (BIFA) akan fokus pada pelatihan kedirgantaraan, sementara PT Mulya Sejahtera Technology (MS Tech) akan membangun fasilitas MRO (Maintenance, Repair, and Overhaul) pesawat terbang. “Kesepakatan-kesepakatan ini merupakan langkah penting untuk mewujudkan ekosistem dirgantara yang kuat di Bali Utara,” tambahnya.

Pengembangan ekosistem dirgantara di Bali Utara diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah. Dengan meningkatnya konektivitas udara, sektor pariwisata di Bali Utara akan semakin berkembang. Selain itu, keberadaan industri pendukung seperti MRO juga akan membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat. “Ini adalah investasi industri di sektor penerbangan yang dapat memastikan konektivitas berlangsung lancar, serta mendukung pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi yang lebih maju,” harapnya. ol3

Komentar