nusabali

Akademisi Undiksha Kenalkan Pendekatan Design Thinking

Untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan

  • www.nusabali.com-akademisi-undiksha-kenalkan-pendekatan-design-thinking

SINGARAJA, NusaBali - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja melalui Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menggelar program penguatan kompetensi guru SD di Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng.

Kegiatan yang berlangsung selama dua bulan ini, sejak 6 September hingga 15 Oktober 2024, fokus pada penerapan pendekatan design thinking dalam pembelajaran.

Dalam pembukaan kegiatan, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha, Prof Dr I Wayan Widiana, menekankan pentingnya pendidikan berkualitas untuk menghadapi persaingan global. “Dengan design thinking, dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat siswa, sehingga mereka lebih siap menghadapi dunia kerja,” ujarnya, Minggu (22/9).

Ketua Tim, Ni Wayan Rati menambahkan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Bengkala. “Kami berharap melalui pelatihan ini, para guru dapat menerapkan design thinking dalam pembelajaran sehari-hari, sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa, khususnya siswa berkebutuhan khusus,” ungkapnya.

Selain design thinking, program ini juga menyoroti pentingnya pengendalian emosi guru. Narasumber dari Australia, Snezana Veljanovskiewi, berbagi pengalaman dan kiat-kiat untuk membantu guru mengelola emosi dengan baik.

Ia menambahkan, program ini menargetkan peningkatan pemahaman dan penerapan design thinking di kalangan guru SD Bengkala. Beberapa indikator keberhasilan yang diharapkan antara lain peningkatan nilai siswa, penurunan tingkat stres guru, serta peningkatan efektivitas pengajaran.7 mzk

Komentar