nusabali

De Gadjah Singgung SMAN Bali Mandara, Giri Bicara Bikin Sekolah Serupa per Kabupaten/Kota

  • www.nusabali.com-de-gadjah-singgung-sman-bali-mandara-giri-bicara-bikin-sekolah-serupa-per-kabupatenkota

DENPASAR, NusaBali.com - Meski kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 baru akan dimulai Rabu (25/9/2024), pasangan calon (paslon) sudah mulai melempar 'tembakan'. Hal ini terlihat di acara pengundian dan penetapan nomor urut Peserta Pilgub Bali 2024, Senin (23/9/2024) pagi.

Calon Gubernur Bali Made Muliawan Arya alias De Gadjah yang berpasangan dengan Calon Wakil Gubernur Bali Putu Agus Suradnyana (PAS) menyinggung SMAN Bali Mandara (SBM) di hadapan paslon Wayan Koster-I Nyoman Giri Prasta. De Gadjah menyebut, salah satu alumnus SBM bernama Wayan Mertayasa ikut dalam rombongannya.

"Saya lupa menyebutkan, ada adinda saya juga, Wayan Mertayasa, lulusan SMAN Bali Mandara dan sekarang sudah berkuliah," kata De Gadjah saat memberikan sambutan usai Mulia-PAS ditetapkan bernomor urut 1 di Kantor KPU Bali, Niti Mandala, Denpasar.

Ketika ditanya apa maksud De Gadjah menyinggung lulusan SBM di akhir sambutan penetapan nomor urut, ia beralasan bahwa pendidikan menjadi kunci peningkatan kualitas SDM. Dan, keberadaan sekolah yang mampu mengakomodasi siswa miskin jadi kunci pembangunan SDM.

"Inilah salah satu program kami untuk mengentaskan kemiskinan. Adik kami yang bersekolah di SMAN Bali Mandara bisa sukses, sekarang sudah duduk di perguruan tinggi, dan sebentar lagi bisa mengangkat derajat keluarganya," beber De Gadjah saat konferensi pers.

Seperti yang diketahui, SBM adalah sekolah berasrama yang memiliki keistimewaan. SMA negeri di Kubutambahan, Buleleng ini dikenal karena menjadi tempat siswa miskin tapi kaya prestasi dari seluruh Bali bersekolah.

SBM yang dirintis di era Gubernur I Made Mangku Pastika sempat dihilangkan keistimewaannya dan menjadi SMA negeri biasa di era Gubernur Wayan Koster (2018-2023). Sebagian keistimewaan sekolah ini dipulihkan kala Penjabat Gubernur SM Mahendra Jaya mengambil alih (2023-sekarang).

'Tembakan' De Gadjah dibalas wakil Calon Gubernur Wayan Koster, I Nyoman Giri Prasta, dengan pidato berapi-api saat konferensi pers. Giri melalui paket Koster-Giri menjanjikan pembentukan model sekolah serupa SBM pada semua level pendidikan 12 tahun di delapan kabupaten dan satu kota se-Provinsi Bali.

"Kami janjikan di Provinsi Bali ini, SD, SMP, SMA gratis satu sekolah. Katakanlah sekarang sudah ada SMAN Bali Mandara kami hidupkan di satu kota, delapan kabupaten. Kami wujudkan untuk memfasilitasi masyarakat kurang mampu," tegas Giri.

Selain meluaskan jangkauan sekolah model SBM, Giri juga menjanjikan mereplikasi capaian universal health coverage (UHC) di Badung ke daerah-daerah lain di Bali. Kata Giri, mewujudkan Sila Kelima Pancasila jadi tujuan Koster-Giri dalam hal kesejahteraan sosial. *rat

Komentar