nusabali

Pemkab Tabanan Fasilitasi Ruang Kreatif untuk Anak-anak di Kawasan Taman Bung Karno

Bupati Sanjaya-Bunda PAUD Tabanan Resmikan Lintasan Kereta Bermain

  • www.nusabali.com-pemkab-tabanan-fasilitasi-ruang-kreatif-untuk-anak-anak-di-kawasan-taman-bung-karno

TABANAN, NusaBali - Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya bersama Bunda PAUD Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya meresmikan lintasan Kereta Bermain di Taman Bung Karno Tabanan kawasan Taman Kota Tabanan, Senin (23/9).

Kegiatan tersebut dirangkai dengan Gerakan Makan Ikan yang melibatkan Anak PAUD dan TK di Tabanan. Acara ini tidak hanya menjadi momen penting bagi anak-anak, tetapi juga menunjukkan komitmen Pemerintah Daerah terhadap pendidikan anak usia dini. Dalam peresmian tersebut, hadir pula Sekda beserta Ibu, para Asisten Setda Tabanan, Kepala Perangkat Daerah, Camat se-Kabupaten Tabanan, serta pimpinan instansi vertikal di Tabanan. 

Pembangunan lintasan kereta bermain ini memerlukan waktu pengerjaan 60 hari, dimulai dari 14 Juni hingga 12 Agustus 2024, dengan panjang lintasan 400 meter yang merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Tabanan dan Bank BPD Bali melalui program CSR. Memandang pentingnya pendidikan usia dini yang memiliki peran sangat strategis sekaligus merupakan wadah untuk memaksimalkan pencapaian tumbuh kembang anak, sehingga kedepan diharapkan mampu menjadi modal Pembangunan yang memiliki daya saing tinggi dan menjadi generasi emas di masa mendatang.

Oleh karena itu, Kabupaten Tabanan senantiasa berkomitmen untuk menjadi kabupaten yang layak anak. Salah satunya, yakni dengan cara membangun ruang bermain yang aman dan nyaman bagi anak-anak. Dan dipilihnya di Taman Bung Karno supaya anak-anak dapat belajar melalui permainan dan interaksi sosial. Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menyampaikan keberadaan taman dengan kereta ini diharapkan juga akan menjadi ruang bagi masyarakat Tabanan untuk saling berinteraksi, berbagi cerita dan yang terpenting akan menjadi salah satu ikon kota Tabanan selain ikon-ikon yang saat ini sedang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Tabanan.

Bunda PAUD Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya bersama anak-anak saat menjajal kereta bermain. –IST 

Disampaikan Bupati Sanjaya, Pemerintah Kabupaten Tabanan bertanggungjawab atas pembangunan rel kereta, sementara Bank BPD Bali menyediakan kereta mainan. “Ini sebuah wujud kolaborasi yang sangat baik, dan berdampak positif bagi upaya membangun indeks kebahagiaan anak-anak di Kabupaten Tabanan. Atas hal tersebut, saya selaku kepala daerah dan mewakili masyarakat, mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Bank BPD Bali atas dedikasi dan partisipasinya dalam rangka ikut membangun kabupaten Tabanan,” ujar Sanjaya. 

Selain membangun ruang bermain, Pemerintah Kabupaten Tabanan juga berkomitmen untuk menjaga gizi generasi emas. Upaya ini dilakukan melalui sosialisasi dan kampanye gerakan gemar makan ikan (gemarikan) yang ditujukan bagi anak balita, anak sekolah, serta ibu hamil dan menyusui. Kesadaran akan pentingnya makan ikan sebagai sumber pangan bergizi tinggi sangat fundamental untuk menciptakan generasi sehat dan mengurangi angka stunting di Kabupaten Tabanan. Saat itu juga dibagikan 225 paket ikan yang secara simbolis diberikan kepada 5 orang perwakilan. 

Atas segala upaya yang telah dilakukan, maka pada kesempatan ini, Bupati Sanjaya menyampaikan apresiasi kepada Bunda PAUD Tabanan yang telah membantu Pemerintah Kabupaten Tabanan guna memastikan Kabupaten Tabanan dapat bebas dari kasus-kasus stunting. "Ini penting saya sampaikan, mengingat upaya ini memerlukan keterlibatan semua pihak dalam bentuk gerakan bersama, kolaborasi bersama untuk membangun karakter generasi muda yang sehat, ceria, uanggul dan berdaya saing tinggi," terangnya Bupati Sanjaya.

Selaras dengan harapan Bupati Sanjaya, Ny Rai Wahyuni Sanjaya sekaligus Bunda PAUD Tabanan menambahkan pentingnya memberikan ruang bermain terbuka bagi anak-anak. Dia berharap anak-anak tidak hanya belajar di dalam ruangan, tetapi juga dapat berinteraksi di luar ruangan.

Menurutnya, selain di Taman Bung Karno, pembangunan ruang terbuka anak juga direncanakan di Lapangan Alit Saputra Tabanan yang saat ini masih terus dilakukan pembangunan untuk mempercantik kawasan agar mampu memberikan kenyamanan bagi masyarakat, khususnya anak-anak usia dini. Ia juga berpesan kepada masyarakat, dengan adanya lintasan kereta bermain ini agar dijaga kelestariannya bersama-sama.

"Jadi harapannya agar anak-anak kita semakin luas kreatifitasnya, karena di samping juga belajar di dalam ruangan juga bisa berinteraksi di luar ruangan melalui ruang terbuka untuk anak-anak ini. Jadi harapan saya kedepan, semoga dengan dibuatkan kereta secara bersama-sama bisa merawat dan menjaga untuk bisa digunakan lebih lama," harap Bunda Rai. @ des 

Komentar