nusabali

Walikota Serahkan Seragam Dinas kepada 412 Jumantik Se–Kota Denpasar

  • www.nusabali.com-walikota-serahkan-seragam-dinas-kepada-412-jumantik-se-kota-denpasar

DENPASAR, NusaBali - Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Ketua TP PKK Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara menyerahkan bantuan pakaian seragam kepada 412 orang juru pemantau jentik (Jumantik) secara simbolis di Ruang Taksu Gedung Dharma Nagara Alaya, Denpasar Utara, Senin (23/9).

Penyerahan bantuan pakaian seragam ini sebagai bentuk motivasi dan apresiasi kepada para jumantik di Kota Denpasar. Bantuan seragam yang dianggarkan melalui Dinas Kesehatan Denpasar, ini berupa baju, training, dan sepatu berjumlah 412 setel kepada jumantik yang tersebar di banjar-banjar se–Kota Denpasar.

“Penyerahan seragam ini kami harapkan mampu memberikan motivasi dan bentuk apresiasi para jumantik yang begitu semangat memberikan edukasi serta sosialisasi kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga lingkungannya dari perkembangbiakan jentik nyamuk, sehingga kasus DBD di Denpasar ini cukup rendah,” ujar Jaya Negara.

Selain itu, Jaya Negara juga berharap para jumantik dapat sekaligus memberikan edukasi pentingnya bersama-sama menjaga kebersihan, serta memilah sampah dari sumbernya, sebagai salah satu langkah  dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Denpasar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr Anak Agung Ayu Agung Candrawati, mengatakan salah satu upaya yang diintensifkan adalah gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), yang melibatkan peran serta masyarakat dalam gerakan ini adalah para jumantik. 

Sebenarnya tugas jumantik tidak hanya melaporkan hasil pemantauan jentik dengan mengisi form pemantauan jentik berkala. Akan tetapi keberadaan jumantik lebih menekankan pada pengawasan faktor lingkungan untuk meniadakan sarang nyamuk dan menggerakkan partisipasi masyarakat dalam PSN DBD.

“Untuk itu pada kesempatan ini Dinas Kesehatan Kota Denpasar menyerahkan seragam buat para jumantik guna memotivasi dan memudahkan tugas-tugas mereka di lapangan dalam penanggulangan kasus DBD di Denpasar,” kata Candrawati. 

Salah seorang jumantik, I Wayan Ardi Suryawan perwakilan Denpasar Utara, mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Denpasar melalui Dinas Kesehatan Denpasar atas pemberian seragam tersebut.

“Saya mewakil para jumantik mengucapakan terima kasih kepada Bapak Walikota Denpasar atas pemberian seragam ini. Dengan seragam ini dapat memudahkan masyarakat mengenal para jumantik dan membantu tugas kami di lapangan,” ucapnya. @ mis

Komentar