nusabali

Polres Buleleng Matangkan Persiapan Pengamanan Masa Kampanye

  • www.nusabali.com-polres-buleleng-matangkan-persiapan-pengamanan-masa-kampanye

SINGARAJA, NusaBali - Polres Buleleng mematangkan persiapan pengamanan masa kampanye Pilkada 2024 di Kabupaten Buleleng. Sebanyak 365 orang personel akan dikerjakan, untuk mengamankan tahapan kampanye yang akan digelar mulai pada 25 September hingga 23 November mendatang.

Sebagian personel yang bertugas mengamankan ini mengikuti apel gelar pasukan, Senin (23/9) di Mapolres Buleleng. Apel dipimpin langsung ole Kapolres Buleleng, AKBP Ida Bagus Widwan Sutadi. Pada kesempatan itu, AKBP Widwan juga mengecek sejumlah sarana dan prasarana personel sebelum diterjunkan dalam pengamanan.

Kapolres AKBP Widwan mengatakan, penyiapan personel akan dilakukan pihaknya agar pengamanan tahapan kampanye yang digelar 60 hari bisa berjalan lancar. Dalam tahapan pengaman kampanye ini, akan dilakukan dua periode pengamanan.

Pada periode pertama dimulai dari 25 September hingga 25 Oktober 2024, dengan jumlah personel yang dilibatkan sebanyak 365 personel. “Untuk periode kedua dilaksanakan pada 25 Oktober hingga 23 November 2024, juga dengan jumlah personel yang sama,” ujar AKBP Widwan, usai apel pasukan kesiapan tahapan kampanye Pilkada 2024.

Perwira polisi asal Desa Patemon, Kecamatan Seririt, Buleleng ini menambahkan, selain untuk mempersiapkan pengamanan kampanye, apel ini juga digelar untuk selalu mengingatkan personelnya untuk menjaga netralitas di Pilkada 2024. Ia juga menekankan agar para personel tidak ragu dalam menjalankan tugas.

Para personel juga diminta untuk melakukan deteksi dini dan deteksi aksi terkait perkembangan dinamika politik. Selain itu, personel yang bertugas diberikan arahan agar melakukan pengamanan yang proporsional sesuai ancaman yang dihadapi, termasuk di lokasi dan rute kampanye.

Kemudian arahan lainnya, para personel yang bertugas bisa memberikan pengamanan khusus terhadap pasangan calon dan juru kampanye. “Dalam pengamanan personel harus melakukan sterilisasi tempat kampanye dan mitigasi risiko, serta peningkatan sinergi dengan aparat keamanan lainnya,” tandas AKBP Widwan.7 mzk

Komentar