nusabali

Pertamina Tambah 132.720 Tabung LPG 3 Kg untuk Hari Raya Galungan

  • www.nusabali.com-pertamina-tambah-132720-tabung-lpg-3-kg-untuk-hari-raya-galungan

DENPASAR, NusaBali.com - Menjelang Hari Raya Galungan pada 25 September 2024, Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus melalui Sales Area Retail Bali menambah distribusi LPG 3 kg bersubsidi di Bali sebanyak 132.720 tabung. Langkah ini dilakukan guna memastikan kebutuhan masyarakat Bali akan gas LPG 3 Kg bersubsidi terpenuhi selama perayaan hari besar tersebut.

Menurut Manager Communication Relations and CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Ahad Rahedi, permintaan LPG 3 Kg biasanya meningkat saat hari raya. "Terdapat peningkatan konsumsi jelang dan selama Hari Raya Galungan sebesar 50 persen dari konsumsi normal yang mencapai 264.483 tabung per hari, atau setara 793,5 metrik ton per hari," ujar Ahad, Selasa (24/9/2024).

Penyaluran tabung LPG 3 Kg tersebut dimulai sejak 21 September dan akan terus berlangsung hingga sehari sebelum Galungan. Penambahan pasokan ini bertujuan untuk menjaga stabilitas harga dan mencegah terjadinya kenaikan harga di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 18.000/tabung di wilayah Bali.

Ahad menegaskan, "Kami tidak ingin momen hari raya ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk meningkatkan harga jual di atas HET, sehingga pasokan tambahan sekitar 130 ribu tabung LPG 3 Kg subsidi diharapkan dapat menstabilkan harga di masyarakat."

Distribusi Aman, Pantauan Ketat
 
Pertamina memastikan distribusi LPG 3 kg bersubsidi dilakukan melalui jalur resmi hingga ke pangkalan. Bali saat ini memiliki sekitar 4.892 pangkalan LPG resmi yang tersebar di seluruh wilayah. Dengan rata-rata tiga pangkalan per desa atau banjar, masyarakat tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan akses ke LPG 3 kg bersubsidi. Pertamina juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembelian secara berlebihan.

Pemantauan terhadap ketersediaan LPG dilakukan secara berkala oleh Pertamina, termasuk pengawasan terhadap jalur distribusi di lapangan. "Titik terakhir pendistribusian LPG 3 kg bersubsidi adalah di pangkalan, bukan di pengecer atau warung," tegas Ahad. 

Untuk memastikan distribusi berjalan dengan baik, Pertamina juga bekerja sama dengan instansi terkait untuk pengawasan distribusi energi bersubsidi.

Selain LPG, Pertamina Patra Niaga juga memastikan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) tetap berjalan normal selama periode Galungan. Saat ini, stok BBM di Bali rata-rata bisa bertahan selama dua hari, dengan penyaluran harian gasoline sekitar 2.200 kiloliter dan gasoil 675 kiloliter.

Pertamina berkomitmen untuk menjaga ketersediaan dan kelancaran distribusi LPG serta BBM agar masyarakat Bali dapat merayakan Hari Raya Galungan dengan nyaman tanpa kekhawatiran akan pasokan energi.

Komentar