nusabali

Paket Astaguna Optimis Menangkan Pilkada Klungkung

  • www.nusabali.com-paket-astaguna-optimis-menangkan-pilkada-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali.com - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Klungkung I Made Kasta dan I Ketut Gunaksa (Paket Astaguna), optimis untuk memenangkan Pilkada Klungkung 2024.

Keberuntungan kian lengkap, saat paslon I Made Kasta dan I Ketut Gunaksa juga memperoleh restu dari Panglingsir Puri Agung Klungkung, sekaligus Raja Klungkung Ida Dalem Smara Putra, saat silahturahmi ke Puri Agung Klungkung, Senin (23/9).

Kehadiran Made Kasta diterima langsung Panglingsir Puri Agung Klungkung Ida Dalem Smara Putra beserta keluarganya, dalam suasana yang penuh keakraban dan rasa kekeluargaan.

Made Kasta menyampaikan pentingnya tetap menjaga tradisi ‘bakti lan asih’ yakni membangun hubungan yang harmonis berlandaskan rasa hormat. Terlebih Puri merupakan salah satu kiblat pelestari seni, adat istiadat dan budaya Bali. 

Lantaran Astaguna juga komitmen melestarikan seni, adat dan budaya, calon yang diusung Partai Golkar dan Partai Demokrat ini memandang perlu saran dan masukan dari panglingsir puri.

Seni, adat dan budaya merupakan salah satu modal pembangunan. Seni dan budaya itu tidak sekedar identitas juga memberikan kontribusi terhadap ekonomi lokal. 

"Untuk itu perlu sinergi dengan Puri sebagai kiblat pelestari seni, adat dan budaya,” ujar Made Kasta.

Sementara itu Ida Dalem Smaraputra memberikan restu kepada paket Astaguna untuk mengikuti perhelatan Pilkada Klungkung 2024. Ida Dalem juga memberikan sejumlah pesan dan petuah, agar Paket Astaguna berkomitmen tinggi melestarikan seni, adat dan budaya Bali. Melalui seni, adat dan budaya dapat meningkatkan partisipasi masyarakat, membangun rasa kebersamaan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. 

Paket Astaguna sendiri memperoleh nomor urut 1 dalam Pilkada Klungkung 2024. 
Politisi senior asal Desa Akah, Kecamatan Klungkung ini optimis untuk memenangkan perhelatan Pilkada Klungkung 2024. Apalagi Made Kasta menilai nomor satu  sebagai angka keberuntungan sekaligus sebagai simbol citra pemimpin dan pemenang. Bahkan nomor urut 1 juga dinilai sebagai restu alam semesta. "Satu itu satu tujuan untuk mencapai kemenangan bersama masyarakat Klungkung. Dengan modal pesaje (serius),” ungkap Made Kasta.

Selanjutnya Paket Astaguna membuka Lomba Burung Berkicau di Klungkung pada Kamis (26/9). Acara yang berlangsung meriah ini diikuti oleh para penghobi burung dari berbagai wilayah.

Paket Astaguna saat hadir membuka Lomba Burung Berkicau di Klungkung, Kamis (26/9).-IST

Menurut Made Kasta lomba burung berkicau ini bukan hanya ajang untuk mempertemukan para penghobi, tetapi juga sebagai wadah silaturahmi dan mempererat persaudaraan. "Kami sangat senang melihat tingginya antusiasme dari peserta dan relawan yang ikut mendukung acara ini. Saya harap kegiatan serupa bisa menjadi agenda rutin di Klungkung, terutama untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap hobi burung,” harap Made Kasta.

Kehadiran Paket Astaguna dalam acara ini merupakan bentuk nyata dan komitmen dalam mendukung kegiatan yang melibatkan masyarakat dan membangun kebersamaan. “Kami ingin Klungkung tidak hanya maju dalam pembangunan fisik, tetapi juga dalam kebersamaan dan kepedulian sosial. Melalui acara seperti ini, kami ingin menunjukkan bahwa kebersamaan bisa dibangun dari hal-hal yang sederhana, namun memiliki makna yang dalam. Ini adalah bukti bahwa kebersamaan bisa tercipta melalui hal-hal sederhana seperti lomba burung berkicau,” ujar Made Kasta.

Selain lomba burung berkicau, acara ini juga diisi dengan kegiatan sosial bertajuk “Umanis Galungan Berbagi,” yang diinisiasi oleh Paket Astaguna.

Ketut Gunaksa menambahkan kegiatan ini merupakan wujud nyata dari semangat kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama. “Selain menyatukan para penghobi burung, kami juga ingin berbagi kebahagiaan dengan masyarakat, terutama pada momen Umanis Galungan. Kegiatan berbagi ini adalah bagian dari komitmen kami untuk selalu hadir dan membantu masyarakat, kapan pun dan di mana pun,” ujar Gunaksa. 

Dia berharap kegiatan sosial ini dapat menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk selalu berbagi kebahagiaan, terutama di momen-momen penting seperti Galungan. *wan

Komentar