nusabali

Masuki Tahap Kampanye, 24 Personil Polres Gianyar Kawal Paslon

  • www.nusabali.com-masuki-tahap-kampanye-24-personil-polres-gianyar-kawal-paslon

GIANYAR, NusaBali - Dalam tahapan Pilkada Serentak 2024, Polres Gianyar turunkan 24 personil sebagai pengawal menugaskan (walpri) kedua paslon Pilkada Gianyar.

Ini sebagai fasilitas pengamanan kedua paslon selama proses kontestasi politik berlangsung.

Tidak hanya kedua paslon, Ketua KPU dan Bawaslu juga mendapatkan fasilitas pengamanan tersebut. Rinciannya, masing-masing calon bupati (cabup) mendapat pengawalan dua orang, masing-masing cawabup dua orang, ketua KPU dua orang, ketua Bawaslu dua orang.
 
Kapolres Gianyar, AKBP Umar, menjelaskan, adanya pengamanan ini untuk memastikan keamanan paslon. Terutama di masa kampanye mulai 25 September hingga 23 November 2024. "Hal ini merupakan bagian SOP, jadi masing masing paslon ditambah ketua Bawaslu dan KPU mendapatkan walpri," terangnya, Kamis (26/9).

Menurut Kapolres, 24 walpri yang bertugas sudah mendapatkan pelatihan mulai di tingkat Polres hingga Polda Bali. Menurutnya hal tersebut untuk memastikan pengawalan yang dilakukan sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan.

"Tugas kepolisian selama Pilkada adalah menjaga keamanan dan ketertiban, memastikan pelaksanaan proses demokrasi berjalan dengan lancar dan kondusif," ungkapnya.

Hal ini sesuai dengan petunjuk arah dari dan mereka memang ditugaskan untuk melekat dan mengamankan kedua paslon. "Penyerahan Walpri ini merupakan bagian dari tanggung jawab kepolisian untuk menjamin keselamatan pasangan calon selama tahapan Pilkada berlangsung," pungkasnya.nvi

Komentar