nusabali

Pamedek Pujawali di Lempuyang Masih Sepi

  • www.nusabali.com-pamedek-pujawali-di-lempuyang-masih-sepi

AMLAPURA, NusaBali - Pujawali di Pura Sad Kahyangan Lempuyang, di Banjar/Desa Adat Purwayu, Desa Tribuana, Kecamatan Abang, Karangasem, Wraspati Umanis Dunggulan, Kamis (26/9), masih sepi pamedek.

Tiga sulinggih muput pujawali itu, Ida Pandita Mpu Maha Yoga dari Gria Giri Angsoka, Desa/Kecamatan Bebandem, Ida Pandita Mpu Nabe Siwa Agni Jaya Daksa Manuaba dari Gria Tangkup, Desa Tangkup, Kecamatan Sidemen dan Ida Pedanda Gede Jelantik Sidemen, dari Gria Kawan, Banjar Brahmana, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem.

Prosesi pujawali di Pura Sad Kahyangan Lempuyang berlangsung pukul 15.00 Wita, diawali di Pura Pucak Luhur dipuput Ida Pandita Mpu Siwa Agni Jaya Daksa Manuaba, kemudian di Pura Pasimpenan dipuput Ida Pandita Mpu Maha Yoga dan di Pura Penataran dipuput Ida Pedanda Gede Jelantik Sidemen.

Jalannya prosesi upacara dikoordinasikan Jro Mangku Gede Wangi. Prosesi itu ditandai nedunang 3 pratima dan pralingga Ida Bhatara Hyang Gni Jaya, berupa padma anglayang terbuat dari emas, yang katedunang dari Pura Sad Kahyangan Puncak Luhur, dilinggihang di Pura Penataran.

Selanjutnya, Ida Bhatara nyejer tiga hari disineb, Redite Wage Kuningan, Minggu (29/9). Suasana pujawali, pamedek terlihat sepi, parkir di Terminal Banjar Kemuda, Desa Adat Purwayu, tidak banyak kendaraan. Sedangkan pamedek diantar jemput gunakan shuttle bus, sehingga lalulintas dari Terminal Kemuda menuju jaba Pura Penataran Lempuyang tanpa hambatan. Sebab, kendaraan pemedek dilarang naik ke parkir Pura Penataran Lempuyang.

Nampak ojek yang mengantar pamdek juga sepi, biasanya seratusan ojek lalulalang. Pamedek ke Pura Sad Kahyangan Lempuyang, kebanyakan muspa hanya sampai di Pura Penataran, tidak banyak yang melakukan pamuspaan hingga di Pura Pucak Luhur. Untuk tiba di puncak mesti menaiki seratusan jalan tangga hingga di area Bukit Bisbis.

Guna kelancaran  pamedek, objek wisata Pintu Surga yang biasa digunakan untuk selfie, di jaba sisi Pura Penataran ditutup. “Kali ini pamedek yang datang memang sepi, tidak seperti biasanya,” ujar Jro Mangku Nengah Natih, pamangku pangayah di Pura Sad Kahyangan Lempuyang.7k16

Komentar