nusabali

Perayaan HUT Kota Tabanan Tetap Digelar

Di Tengah Perhelatan Pilkada 2024

  • www.nusabali.com-perayaan-hut-kota-tabanan-tetap-digelar

TABANAN, NusaBali - Perayaan HUT ke - 531 Kota Tabanan pada 29 November 2024 tetap berlangsung meskipun dibarengi dengan hajatan Pilkada. Namun konsep dan persiapannya tengah disusun oleh panitia.

Sekda Tabanan Gede Susila menegaskan perayaan HUT Kota Tabanan tetap berlangsung karena tidak ada hubunganya dengan hajatan politik. "Tetap akan berlangsung, konsep dan mekanisme sedang disusun," ujarnya, Jumat (27/9).

Menurutnya, sejumlah persiapan sedang dikonsepkan termasuk telah melakukan rapat persiapan. Namun final konsep dan apa saja kegiatan itu masih dilakukan koordinasi dengan tim. "Nanti yang menjadi ketua panitianya itu adalah kepala Brida," tegasnya.

Terkait anggaran yang disiapkan, Susila mengaku tidak hafal. Sebab materi kegiatan yang akan meramaikan dalam pelaksanaan HUT Kota masih disusun. "Untuk anggarannya ini tidak hafal saya. Yang jelas nanti kegiatan-kegiatan mendukung HUT Kota tetap ada," tandas mantan Kadisdik Tabanan ini.

Sebelumnya, pada Perayaan HUT ke - 530 Kota Tabanan ada 500 lebih seniman yang menghibur masyarakat selama sebulan penuh. Perayaan HUT Kota dengan mengusung tema Paduraksa Jayaning Singasana tahun 2023 ini juga dianggarkan cukup fantastis senilai Rp 2 miliar.

Bahkan yang menarik saat Parade Budaya serangkaian HUT ke - 530 Kota Tabanan ditampilkan Tabanan masa lalu, kini, dan nanti. Parade budaya yang juga melibatkan seluruh pejabat Pemkab Tabanan memperlihatkan suasana tradisional. Sebab seluruh kepala OPD di Tabanan mengenakan busana tempo dulu atau busana pepatihan.

Bahkan Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya didampingi Wakil Bupati Tabanan I Made Edy Wirawan, turut mengenakan Payas Agung Bali. Bahkan Ibu Bupati Tabanan selalu Ketua TP PKK Tabanan ikut mengenakan busana legong kraton.

Sisi uniknya lagi sebelum parade dimulai, iring-iringan seniman yang berjalan mengambil start di wantilan Pura Dalem, Desa Adat Kota, berjalan menuju panggung kehormatan di Jalan Gajah Muda. Para seniman ini diiringi kesenian genjek inovatif Sanggar Seni Cipta Dharma dari Banjar Sigaran, Desa Jegu, Kecamatan Penebel.

Seluruh kepala OPD maupun Bupati Tabanan dan Wakil Bupati Tabanan ikut menari magenjekan yang menambah semarak pelaksaan parade. Magenjekan ini pun menjadi euforia dalam pelaksanaan parade HUT ke - 530 Kota Tabanan.7des

Komentar