nusabali

Bali Safari Komitmen Cegah Kejadian Serupa, Insiden Pawang Diamuk Gajah

  • www.nusabali.com-bali-safari-komitmen-cegah-kejadian-serupa-insiden-pawang-diamuk-gajah

GIANYAR, NusaBali - Insiden pawang diamuk gajah mengharuskan Lembaga Konservasi Satwa Liar Taman Safari Bali di Gianyar meningkatkan kewaspadaan.

Alexander Zulkarnain SVP Marketing Taman Safari Indonesia Group mengatakan korban Komang Resi Yasa (RY),27, asal Lampung merupakan Mahout atau pawang gajah kesayangan Taman Safari Bali. Komang RY meninggal dunia akibat kecelakaan kerja pada 17 September 2024 lalu. Insiden ini terjadi saat menjalankan tugasnya ketika yang bersangkutan sedang berinteraksi dengan gajah. 

"Kami berkomitmen untuk memahami secara menyeluruh situasi ini guna mencegah insiden serupa di masa depan. Almarhum merupakan sosok yang penuh dedikasi dan kasih sayang dalam merawat gajah-gajah kami, serta telah menjadi bagian tak terpisahkan dari keluarga besar Taman Safari Bali," jelasnya, Jumat (27/9). 

Kepergiannya meninggalkan kesedihan yang mendalam bagi seluruh tim dan komunitas pecinta satwa. Dijelaskan Alexander, Taman Safari sangat menjunjung tinggi standar keselamatan kerja dan prosedur operasional yang ketat. Mahout Komang RY pun telah menjalani pelatihan yang diperlukan dan bekerja sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan, termasuk dalam tugasnya berinteraksi dengan gajah. SOP yang diterapkan bertujuan untuk memastikan keselamatan karyawan serta hewan yang dirawat. “Kami menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga almarhum serta semua pihak yang mengenalnya," terangnya. 

Taman Safari Bali akan terus memberikan dukungan kepada keluarga yang ditinggalkan selama masa berkabung ini. "Almarhum telah mengabdikan hidupnya untuk kesejahteraan gajah-gajah. Pengabdian dan keahliannya dalam merawat satwa menjadi contoh bagi kita semua. Dedikasi almarhum akan selalu dikenang oleh semua yang mengenalnya, baik staf Taman Safari Bali maupun para pengunjung yang pernah menyaksikan dedikasinya," ujarnya. 

Taman Safari Indonesia berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman di seluruh lokasi Taman Safari yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, demi kepuasan dan kesejahteraan semua pengunjung dan staf. Taman Safari juga memastikan bahwa seluruh satwa yang berada di lingkungan Taman Safari dalam kondisi aman dan sehat. Seluruh area interaksi satwa telah dirancang dengan standar keselamatan tinggi untuk menjamin keamanan interaksi antara pengunjung dan satwa. 

Sebelumnya diberitakan, peristiwa naas dialami I Komang RY, 27, seorang keeper (penjaga satwa) Lembaga Konservasi Satwa di Kecamatan Gianyar. Korban asal Lampung ini tewas saat bekerja mengembala seekor Gajah bernama Gandi pada Selasa (17/9) sekitar pukul 09.00 Wita. Informasi dihimpun, saat kejadian korban sebenarnya berjarak 10 meter dari posisi Gajah yang ditunggangi saksi S. Selain korban dan S, ada satu lagi saksi mata GM di TKP. 

Tanpa diduga, gajah tiba-tiba memberikan gerak gerik yang berbeda yaitu lebih agresif. Si gajah memandang korban yang berada di lokasi. Kemudian saksi S berupaya untuk menenangkan Gajah dan meneriaki korban yang sedang berada di lokasi untuk berlari. Apes, saat berusaha lari diantara semak-semak, korban tersandung rumput sehingga korban terjatuh. Gajah yang bernama Gandi itu pun mengejar korban setelah itu gajah tersebut menyeruduk dengan gadingnya sehingga korban terlempar ke atas berulang-ulang sekitar 10 kali. 7 nvi

Komentar