nusabali

Logistik Pilkada Buleleng Mulai Datang

  • www.nusabali.com-logistik-pilkada-buleleng-mulai-datang

SINGARAJA, NusaBali - Sejumlah logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Buleleng, sudah mulai didrop di gudang KPU Buleleng wilayah Desa Pemaron, Kecamatan/Kabupaten Buleleng. Logistik Pilkada datang bertahap sejak Jumat (20/9) dan Jumat (27/9) kemarin.

Terakhir kotak suara berbahan kardus diangkut truk kontainer. Saat tiba di gudang KPU Buleleng langsung diturunkan oleh sejumlah pekerja. Kotak suara itu lalu ditumpuk di gudang KPU sembari diinventarisasi.

Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana mengatakan, logistik Pilkada didatangkan bertahap. Jenis logistik yang sudah tiba di gudang KPU meliputi, bilik suara sebanyak 4.692 buah, segel plastik 14.076 buah, tinta 2.346 picis dan terakhir kotak suara sebanyak 2.364 buah. Dudhi menyebut saat ini sedang proses pencetakan surat suara di salah satu perusahaan percetakan di Denpasar.

“Desain surat suara sudah disetujui dari tim paslon dan sudah mulai dicetak. Target kami sesegera mungkin bisa diselesaikan,” ucap Dudhi.

Menurut Dudhi, untuk Pilkada Buleleng KPU akan mencetak surat suara lebih 2,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau sekitar 609.484 lembar. Selain berproses soal kelengkapan logistik, sekretariat KPU Buleleng akan membuatkan mekanisme proses pelipatan suara suara dan pengepakan logistik lainnya.

“Ini nanti akan dihitung dulu berapa kebutuhan tukang lipat dengan estimasi waktu yang tersisa. Yang jelas tidak sebanyak saat pemilu, karena Pilkada hanya ada dua jenis surat suara yakni untuk Pilgub dan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati,” papar pejabat asal Kelurahan Banyuasri, Kecamatan/Kabupaten Buleleng ini.7 k23

Komentar