nusabali

Cetak Rekor, Jorge Martin Rebut Pole

Bagnaia Menangkan Sprint Race MotoGP Indonesia di Mandalika

  • www.nusabali.com-cetak-rekor-jorge-martin-rebut-pole

Meski gagal di Sprint Race, Jorge Martin merebut pole position dalam sesi kualifikasi. Dia juga memecahkan rekor waktu lap tercepat di Mandalika dengan 1 menit 29,088 detik.

JAKARTA, NusaBali
Pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin merebut pole position dalam sesi kualifikasi MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (28/9). Balapan utama berlangsung Minggu (29/9) pukul 15.00 WITA.

Sedangkan juara bertahan Francesco ‘Pecco’ Bagnaia (Ducati Lenovo) memenangi balapan, beberapa saat setelah balapan kualifikasi.

Dalam Sprint Race, Bagnaia jadi yang tercepat di depan rekan satu timnya, Enea Bastianini, dan juara dunia delapan kali Marc Marquez (Gresini Racing) yang melengkapi podium balapan pendek kali ini. Bastianini dan Marquez masing-masing terpaut 0,107 detik dan 1,701 detik dari Bagnaia.

Dalam Sprint Race, Bagnaia tak butuh waktu lama dari posisi P4 untuk melesat ke posisi terdepan. Bagnaia langsung menyalip dua rider muda, Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46) dan Pedro Acosta (GASGAS Tech3).

Pembalap yang akrab disapa Pecco itu segera terlibat persaingan ketat dengan sang pemimpin klasemen sementara sekaligus polesitter Jorge Martin (Prima Pramac Racing) untuk memperebutkan gelar juara Sprint di Mandalika.

Pertarungan ketat juga mewarnai barisan belakang grid, dimana Marc Marquez yang memulai dari P14, melaju kencang untuk mengamankan posisi kelima.

Lap-lap awal Sprint di Mandalika cukup menantang bagi Jorge Martin. Dia terjatuh saat mencoba melewati tikungan pada lap 1, membuatnya harus turun dari posisi terdepan ke posisi 12, memberikan keuntungan bagi Bagnaia.

Pada beberapa putaran terakhir, sejumlah pembalap terkuat di grid mencoba memanfaatkan kesempatan setelah Jorge Martin tersingkir dari persaingan di barisan terdepan.

Meski gagal dalam Sprint Race, Jorge Martin merebut pole position dalam sesi kualifikasi. Martin juga memecahkan rekor waktu lap tercepat di Mandalika dengan 1 menit 29,088 detik. Pencapaian ini memecahkan rekor Enea Bastianini (Ducati Lenovo) pada 1 menit 29,630 detik dalam sesi latihan Jumat (27/9).

Sesi kualifikasi di tengah lintasan Mandalika yang berdebu memberikan tantangan tersendiri bagi sejumlah pembalap. Juara dunia delapan kali Marc Marquez (Gresini Racing) terjatuh dua kali saat melakoni Q2. 

Hal ini membuat Marquez harus memulai dua sesi balapan mendatang di Mandalika dari posisi ke-14 pada grid. Juga Bastianini yang berusaha mempertahankan posisinya saat mencoba melewati tikungan pada Q2. 

Di sisi lain, perjalanan Martin malah mulus. Dia finis di depan dua pembalap muda Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46) dan Pedro Acosta (GASGAS Tech3). Bezzecchi dan Acosta masing-masing terpaut 0,535 detik dan 0,583 detik dari Jorge Martin.

Juara bertahan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) akan memulai balapan dari posisi keempat, dengan catatan waktu tercepat 1 menit 29,745 detik. Bastianini melengkapi daftar lima besar dengan catatan waktu tercepat 1 menit 29,792 detik.

Berada di 10 besar adalah Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), Johann Zarco (LCR Honda), Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46), Franco Morbidelli (Prima Pramac Racing), dan Maverick Vinales (Aprilia Racing). Ant

Komentar