nusabali

Petakan Kerawanan Pilkada Serentak 2024, Rentin Kumpulkan Forkopimda

  • www.nusabali.com-petakan-kerawanan-pilkada-serentak-2024-rentin-kumpulkan-forkopimda

Dari sekian TPS tersebar di 4 kecamatan, harus dipastikan berada ditempat yang aman

BANGLI, NusaBali 
Pilkada Serentak 27 November 2024 yang semakin dekat diantisipasi serius pemerintah Kabupaten Bangli. Pjs Bupati Bangli, I Made Rentin secara khusus mengumpulkan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bangli di Gedung Bhukti Mukti Bhukti (BMB), Kantor Bupati Bangli, Sabtu (28/9). 

Rapat siang kemarin membahas persiapan Pilkada Serentak 2024, termasuk pemetaan potensi kerawanan dalam pelaksanaan Pilkada di Bangli.

Rapat dihadiri Kapolres Bangli, AKBP I Gede Putra, Dandim 1626/Bangli Letkol Kav I Ketut Artha Negara, perwakilan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangli, KPU Bangli, Bawaslu Bangli. Hadir pula Pj Sekda Bangli I Made Ari Pulasari, Kepala BPBD Bangli I Wayan Wardana. 

Pjs Bupati Bangli, I Made Rentin mengatakan, pihaknya mengumpulkan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bangli kaitannya dengan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 yang semakin dekat. “Kita mengundang seluruh Forkopimda di Bangli serta penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU Bangli dan Bawaslu Bangli,” ujar Rentin.

“Kita ingin sinergi lintas lembaga ini dapat menjaga kondusifitas wilayah selama tahapan Pilkada 2024 berjalan dan kita meminimalisir terjadinya sengketa,” imbuh birokrat yang juga Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali ini. 

Menurut Rentin, pada rapat kemarin ada dua hal penting yang menjadi pembahasan yakni up date terkini tentang tahapan Pilkada. “Dari KPU dan Bawaslu menjelaskan tentang tahapan yang berlangsung. Saat ini sedang tahapan kampanye. Dalam pelaksanaannya telah ditetapkan zona kampanye,” beber pejabat asal Desa Werdhi Buana, Kecamatan Mengwi, Badung ini.

Berikutnya, pemetaan potensi kerawanan secara umum, baik kerawanan Kamtimbas, kerawanan dari potensi kebencanaan. “Kebencanaan masuk potensi kerawanan, maka itu kami mengedepankan mitigasi dan langkah-langkah preentif,” ujar Rentin.

Pihaknya meminta BPBD Bangli untuk mendampingi secara intensif para penyelenggara terutama ditingkat KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) dalam menentukan TPS (tempat pemungutan suara). Berkaca pada Pemilu 14 Februari 2024, kata Rentin ada TPS di Karangasem dan Jembrana sempat diterjang banjir bandang. 

“Kami tidak mau kejadian itu terulang di Kabupaten Bangli. Maka itu langkah lebih awal, mitigasi kita lakukan. Dari sekian TPS tersebar di 4 kecamatan, harus dipastikan berada ditempat yang aman,” ujar Rentin. esa

Komentar