nusabali

Pelabuhan Sanur Sepi Aktivitas Selama Libur Galungan

Kedatangan Diperkirakan Akan Melonjak Hari Ini

  • www.nusabali.com-pelabuhan-sanur-sepi-aktivitas-selama-libur-galungan

DENPASAR, NusaBali - Libur Perayaan Galungan dan Kuningan membuat Pelabuhan Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, sepi aktivitas.

Penyeberangan dari Pelabuhan Sanur ke Nusa Penida, Kabupaten Klungkung yang biasanya padat di hari biasa, pada Sabtu (28/9) kemarin terlihat menurun. 

“Kegiatan embarkasi di Pelabuhan Sanur selama Hari Raya Galungan berjalan lancar dan tanpa kendala,” ujar Kepala Wilayah Kerja (Wilker) KSOP Pelabuhan Sanur, I Komang Sunarka, dikonfirmasi Sabtu (28/9).

Dia memastikan bahwa seluruh penumpang yang berangkat ke Nusa Penida maupun Nusa Lembongan, Klungkung dapat dilayani dengan baik saat Hari Raya Galungan. Kata Sunarka, hingga saat ini, tidak ada penumpukan penumpang, meskipun pelabuhan melayani arus keberangkatan dan kedatangan yang cukup padat. “Tidak ada penumpukan penumpang karena kemungkinan calon penumpang sudah menyebar ke berbagai pelabuhan, seperti Serangan, Sanur, dan Nusa Penida,” ujar Sunarka.

Menurut Sunarka, dari H-3 Perayaan Galungan hingga Hari Raya Galungan, jumlah penumpang yang diberangkatkan dari Pelabuhan Sanur tercatat berkisar 6.000 orang per hari. Sementara kedatangan mencapai 3.000 orang per hari. Hal ini masih dikategorikan peningkatan yang normal, tidak berbeda jauh dibandingkan dengan hari biasanya. “Kita lihat dari jumlah kenaikan penumpang masih stabil, tidak ada lonjakan signifikan. Jumlahnya normal seperti hari-hari biasa, yakni sekitar 6.000 orang yang berangkat dan 3.000 orang yang tiba. Hingga Galungan, kegiatannya masih terpantau normal,” jelas Sunarka.

Meski demikian, KSOP Wilker Sanur tetap siap mengambil langkah antisipasi jika terjadi lonjakan penumpang terjadi pasca Galungan. Sunarka menyebutkan jika terjadi peningkatan jumlah penumpang, operator kapal yang memiliki trip reguler siap menambah perjalanan sesuai kebutuhan. 

Sunarka mencatat adanya perbedaan dalam komposisi penumpang selama Hari Raya Galungan. Pada momen ini, jumlah penumpang domestik yang merupakan warga lokal Bali yang merayakan Galungan meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan hari biasa. “Biasanya, penumpang asing mendominasi keberangkatan untuk kegiatan wisata” ujarnya. 

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa dalam kondisi normal, penumpang harian Pelabuhan Sanur berkisar antara 6.000 hingga 7.000 orang, dengan puncak penumpang saat liburan nasional mencapai 9.000 orang per hari. Namun, selama perayaan Galungan, destinasi Nusa Penida menjadi lebih ramai dibandingkan Nusa Lembongan. Untuk keberangkatan selama Galungan ini, mayoritas penumpang memilih ke Nusa Penida. “Keberangkatan ke Nusa Lembongan jumlahnya lebih sedikit,” bebernya.

Memasuki H+3 Galungan, Sunarka menyebut bahwa arus penumpang mulai menunjukkan kelonggaran dan masih dalam kondisi normal. Namun, ia memperkirakan puncak kedatangan akan terjadi pada Minggu (29/9) hari ini, sebelum aktivitas kerja dimulai kembali pada hari Senin (30/9) besok. 

“Kita prediksi puncak kedatangan penumpang akan terjadi pada hari Minggu (hari ini,red), karena pada hari Senin sudah mulai masuk kerja. Astungkara, kami siap mengantisipasi kedatangan penumpang dari Nusa Penida maupun Nusa Lembongan yang tujuan akhirnya Sanur,” ujar Sunarka. cr79

Komentar