nusabali

Wisatawan ke Desa Babahan akan Dimanjakan Becak Listrik

  • www.nusabali.com-wisatawan-ke-desa-babahan-akan-dimanjakan-becak-listrik

TABANAN, NusaBali - Wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Babahan, Kecamatan Penebel, Tabanan, akan dimanjakan becak listrik.

Lima buah becak listrik akan meramaikan wisata ini atas bantuan Paguyuban Becak Listrik Wisata Indonesia (PBWL).

Becak ini diharapkan sebagai magnet untuk mendukung Desa Wisata Babahan. Saat ini untuk pengoperasian becak listrik tersebut masih dikonsepkan. Rencananya nanti becak listrik ini akan digunakan untuk memanjakan wisatawan mengelilingi objek wisata di Desa Babahan. 

Perbekel Desa Babahan I Made Sukapariana mengakui becak listrik ini dibantuk oleh PBWL. Kebetulan Sekjen dari PBWL adalah Anak Agung Ngurah Panji dari Puri Anom Astika. "Kami terima lima buah becak listrik Selasa (24/9) lalu," ujarnya, Kamis (26/9). 

Menurutnya, bantuan becak listrik tentu akan digunakan sebagai pendukung Desa Wisata Babahan. Apalagi saat ini Desa Wisata Babahan sudah dikelola oleh BUMDes Pertiwi Jagadita.

Kata dia, Desa Wisata Babahan juga sudah memiliki sejumlah destinasi wisata mulai dari Nyarik Kopi, wisata air terjun, dan Crystal Water Babahan. Namun untuk pengoperasian dari becak listrik ini masih dikonsepnya karena sarana pendukung belum lengkap. 

"Tapi rencananya akan kami sewakan, namun ini masih dikonsepnya jadi belum diketahui kapan digunakan. Yang jelas akan dipakai untuk memanjakan wisatawan khususnya saat mengelilingi Desa Babahan," terang Sukapariana. 

Terpisah, Sekjen PBWL Anak Agung Ngurah Panji Astika mengatakan penyerahan lima unit becak listrik ini langsung dilakukan di depan Pura Besi Kalung. Penyerahan tersebut langsung didampingi Gustina Utapea perwakilan dari Ketum PBWL.

"Becak listrik ini diberikan dengan tujuan untuk mendukung kemajuan wisata berbasis lingkungan khusus kepada wisata khususnya wisata yang tidak dilalui oleh jalan raya. Sebab becak listrik ini digunakan hanya pada daerah wisata," jelasnya. 

Dia berharap dengan bantuan becak listrik tersebut dapat membantu model transportasi baru yang kemudian menjadi atraksi baru bagi desa wisata itu sendiri. Upaya ini juga untuk memajukan desa wisata di Bali yang makin banyak.

"Jadi, ini program langsung dari bapak Presiden Prabowo yang peduli dengan keberlanjutan alat transportasi ramah lingkungan. Sehingga nanti ke depannya model transportasi berbasis listrik bisa digalakkan," harap Ngurah Panji.7des

Komentar