nusabali

Dukung MotoGP Mandalika 2024, Pertamina Libatkan 60 UMKM Binaan

  • www.nusabali.com-dukung-motogp-mandalika-2024-pertamina-libatkan-60-umkm-binaan

PRAYA, NusaBali.com – Bukan hanya menjadi sponsor utama gelaran MotoGP di Indonesia, namun PT Pertamina (Persero) juga melibatkan 60 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaannya untuk berpartisipasi dalam ajang internasional di Mandalika, NTB, yang berlangsung 27-29 September ini melalui Pertamina Energizing You Festival.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menyempatkan diri mengunjungi booth-booth UMKM binaan Pertamina yang memamerkan produk-produk unggulan mereka. Kehadirannya menjadi salah satu bentuk dukungan penuh terhadap pengembangan sektor UMKM, yang diharapkan mampu mendorong perekonomian lokal.

"Kehadiran Ibu Nicke di Pertamina Energizing You Festival adalah bukti nyata dukungan kami terhadap UMKM. Beliau mengunjungi booth UMKM Mitra Binaan Pertamina, serta booth Pertamina Patra Niaga dan Perusahaan Gas Negara yang memberikan informasi terkait produk dan layanan," ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, Sabtu (28/9/2024).

Menurut Fadjar, jumlah UMKM yang terlibat tahun ini meningkat dari 50 pada 2023 menjadi 60 UMKM. Tahun lalu, 50 UMKM tersebut berhasil mencatat omzet hingga Rp700 miliar hanya dalam tiga hari penyelenggaraan. Dengan peningkatan jumlah peserta, Pertamina berharap pendapatan tahun ini dapat lebih tinggi, serta produk-produk lokal ini dikenal lebih luas, termasuk di kalangan turis mancanegara yang hadir di MotoGP Mandalika.

"Beberapa mitra binaan kami bahkan telah menerima pesanan dari luar negeri. Harapannya, Pertamina Grand Prix of Indonesia dapat mendukung perkembangan UMKM dan memperkenalkan produk lokal ke pasar global," tambah Fadjar.

Pertamina juga menegaskan bahwa dukungan pada ajang MotoGP ini selaras dengan perannya sebagai BUMN energi yang bertujuan menumbuhkan perekonomian masyarakat, terutama di sektor pariwisata dan perdagangan. Melalui kegiatan ini, Pertamina berharap dapat menciptakan efek berganda yang signifikan, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi di Lombok dan sekitarnya.

"Sebagai perusahaan yang memimpin dalam transisi energi, Pertamina juga berkomitmen mendukung pencapaian Net Zero Emission 2060 melalui program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya ini sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina," jelas Fadjar.

Dengan adanya Pertamina Energizing You Festival di MotoGP Mandalika 2024, diharapkan peran Pertamina sebagai pendorong ekonomi lokal semakin terasa, sekaligus memperkuat daya saing produk UMKM di pasar internasional.

Komentar