nusabali

Mengenal Sosok I Made Satria: Calon Bupati Klungkung yang Sudah Berbuat, dari Yadnya hingga Aksi Sosial

  • www.nusabali.com-mengenal-sosok-i-made-satria-calon-bupati-klungkung-yang-sudah-berbuat-dari-yadnya-hingga-aksi-sosial

SEMARAPURA, NusaBali.com - Setelah dinyatakan sah menjadi Calon Bupati Klungkung satu-satunya dari PDI Perjuangan, nama I Made Satria kian mencuat. Banyak catatan dari masyarakat Klungkung, khususnya di Nusa Penida sebagai tanah kelahirannya yang mengakui hal tersebut.

I Made Satria bersama adiknya I Ketut Lea Wijaya yang dikenal dengan Ketut Leo, ternyata selama belasan tahun aktif dalam kegiatan kemasyarakatan, utamanya membantu pembangunan pura, membiayai yadnya, menata infrastruktur dan tentunya membantu masyarakat baik dalam kegiatan di desa, hingga mencarikan lapangan pekerjaan.

Seperti dikatakan Jero Mangku Nyoman Patra, pemangku di Pura Arya Kutawaringin di Banjar Sental Kangin, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, menyatakan pembangunan Pura Paibon Arya Kuta Waringin dibiayai sepenuhnya dari nol oleh I Made Satria dan adiknya Ketut Leo. 

“Kami benar-benar terbantu, ada tokoh seperti ini memiliki keikhlasan untuk yadnya. Bahkan kami tidak mengeluarkan dana sepeserpun dalam pembangunan ini, dari pembangunan hingga upacaranya mereka berdua sepenuhnya yang membiayai,” kata Mangku Parta didampingi Kelihan Pura Putu Wididana, Minggu (29/9).

Ia menilai jiwa sosial, khususnya Made Satria bersama adiknya itu layak diteruskan dan melebarkan sayapnya ke seluruh Klungkung. “Layak lah kalau beliau memimpin Klungkung, menjadi Bupati Klungkung bersama Tjokorda Gde Surya Putra yang notabene dari keluarga Puri yang masih sangat kental kami hormati juga sebagai warga Klungkung,” tambah Wididana.

Wididana mengaku mengenal kedua tokoh ini sejak sebelum ada cita-cita menjadi anggota DPRD Klungkung yang kini diteruskan menuju kursi Bupati Klungkung. Tetapi diakui loyalitasnya membantu masyarakat dengan bisnis properti yang sukses digeluti adiknya Ketut Leo, bisa membangun dan membantu masyarakat di Nusa Penida dan di Klungkung daratan.

Selaras dengan Nyoman Sadru, salah satu pengempon di Pura Sad Kahyangan Penida, bercerita bahwa menjadi saksi apa yang dilakukan kakak beradik ini sehingga kemudian didorong untuk maju ke DPRD Klungkung dan sukses pada periode 2019-2024 dan lolos lagi di 2024. 

“Kami terus terang dengan kepolosan dan niat tulusnya sejak awal membantu warga di Nusa Penida baik pembangunan, dan lapangan kerja, hingga gayung bersambut keinginan masyarakat agar beliau maju menjadi bupati Klungkung disetujui. Kami siap memenangkan, ratakan total,” ungkap Sadru bersemangat. @wan

Komentar