nusabali

Pejudo Agastya Cedera, Biaya di RS Dikover BPJS Kesehatan

  • www.nusabali.com-pejudo-agastya-cedera-biaya-di-rs-dikover-bpjs-kesehatan

DENPASAR, NusaBali - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali mencatat ada satu atlet PON XXI/2024 Aceh dan Sumatera Utara masih dalam penanganan medis.

Hal ini dikarenakan cedera saat berlaga dan seluruh biaya perawatannya tercover BPJS kesehatan. Atlet itu asal Karangasem, Agastya Darma Wardana dari cabang olahraga (cabor) judo.

Ketua KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan mengatakan, dari total 549 atlet yang berlaga di PON XXI/2024, ada beberapa atlet Bali cedera. Namun, dari beberapa yang cedera itu sudah pulih pasca penanganan di venue. 

"Ya ada beberapa yang cedera. Semuanya sudah tertangani. Tapi, ada satu yang masih dalam penanganan medis. Ini karena cederanya lumayan berat," ungkap Oka Darmawan, Minggu (29/9).

Adapun atlet yang cidera itu yakni Agastya dari Cabor Judo. Dia cedera saat berlaga dan sempat ditangani di salah satu rumah sakit di Aceh. Namun, karena sudah dikoordinasikan dan diupayakan dilanjutkan penanganan di Bali.
 
"Sempat (ditangani,red) di sana. Tapi kita upayakan kepulangannya dengan rombongan dan melanjutkan perawatan di sini. Saat ini masih proses pemulihan," sebut Oka Darmawan.

Oka Darmawan juga tidak memungkiri biaya penanganan atlet cedera sudah tercover BPJS kesehatan. Menurutnya, program ini memang diterapkan KONI Bali kepada seluruh atlet. Sehingga, atlet atau pun cabornya tidak memiliki kendala dalam hal pembiayaan. 

"Ya semuanya sudah masuk dalam program. Ini sudah dirancang oleh kita jauh-jauh hari. Tentunya mengantisipasi kejadian seperti ini. Saat ini masih dipantau terus hingga sang atlet benar-benar sehat dan kembali beraktivitas," pungkas Oka Darmawan. dar

Komentar