nusabali

Vietnam dan Malaysia Gagal Lolos

  • www.nusabali.com-vietnam-dan-malaysia-gagal-lolos

JAKARTA, NusaBali - Media Vietnam di Hanoi menyebut Timnas Indonesia U-20 dan Thailand jadi penyebab negaranya gagal lolos ke Piala Asia U-20 2025. Timnas Indonesia U-20 keluar sebagai juara Grup F berkat unggul selisih satu gol (+6) dibandingkan Yaman (+5), usai keduanya bermain imbang 1-1.

Garuda Nusantara berhasil mencetak gol pembuka pada menit 45+1' melalui gol Jens Raven. Namun, Yaman langsung menyamakan hanya dalam dua menit setelah kebobolan, dan memaksa laga berakhir 1-1. 

Yaman dengan 7 poin dan selisih +5 dipastikan lolos berkat tiket tim peringkat kedua terbaik dari lima runner-up terbaik yang lolos. 

Thailand juga lolos mengikuti jejak Indonesia sebagai salah satu dari lima runner-up terbaik. Dengan 6 poin dan selisih gol +17, Thailand jadi runner-up Grup H setelah kalah 0-1 dari Irak di laga pamungkas. Dengan raihan 6 poin dan selisih +5, Vietnam resmi gagal lolos ke Piala Asia U-20 karena finish di posisi enam pada klasemen runner-up terbaik. 

Setelah tahu negaranya gagal lolos, media Vietnam yakni Soha Vn mengklaim Indonesia dan Thailand jadi penyebabnya. Media Vietnam terkesan kecewa karena gara-gara kedua negara tetangganya itu membuat tim kesayangannya turun ke peringkat enam pada klasemen akhir runner-up terbaik. 

"Tanpa meraih kemenangan sekaligus, Indonesia dan Thailand menyebabkan tim Vietnam turun peringkat dan berisiko tersingkir," tulis Soha Vn. 

Sedangkan Malaysia dipastikan gagal lolos lebih dulu. Di Grup E,  Harimau Malaya bersaing dengan Korea Utara, Tajikistan, Oman, dan Sri Langka. Malaysia memulai kiprahnya menang 2-1 atas Oman imbang 0-0 lawan Korea Utara, kalah 0-1 dari Tajikistan, dan terakhir imbang 1-1 lawan Srilangka. 

Di klasemen akhir Grup E, Malaysia malah di urutan keempat dengan nilai 5, di bawah Tajikistan (6) dan Oman (6), yang semua gagal lolos ke China. *

Daftar 16 Tim ke Piala Asia U-20 2025:
1 Tuan Rumah: China 

10 Tim Juara Grup:
Suriah (Grup A), Uzbekistan (Grup B), Korea Selatan (Grup C), Arab Saudi (Grup D), Korea Utara (Grup E), Indonesia (Grup F), Iran (Grup G),  Irak (Grup H),  Jepang (Grup I), Qatar (Grup J)

Lima Tim Runner Up Terbaik :
Yaman (Grup F), Kirgizstan (Grup I), Australia (Grup D), Thailand (Grup H), Yordania (Grup J).

Komentar