nusabali

Berkuda Punya Potensi Besar Sport Tourism di Bali

  • www.nusabali.com-berkuda-punya-potensi-besar-sport-tourism-di-bali

DENPASAR, NusaBali - Sebagai destinasi wisata dunia, Bali selalu dikunjungi wisatawan mancanegara. Di sejumlah destinasi wisata unggulan, ternyata sejumlah wisatawan kini mulai merambah wisata olahraga atau Sport Tourism.

Hal ini pun mulai dilirik Pengurus Besar Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh (Pordasi) dan diharapkan potensi ini dapat digarap oleh kepengurusan Pordasi Bali.

Ketua Umum Pordasi Pusat, Triwatty Marciano menuturkan, olahraga berkuda sendiri merupakan olahraga prestasi. Namun, itu bukan berarti tidak menutup kemungkinan untuk Sport Tourism. Dia tidak memungkiri kalau potensi Bali memang cukup besar, karena sudah banyak dikenal oleh mancanegara dengan keindahan alam dan budayanya. 

"Potensi di Bali memang sangat besar untuk Sport Tourism. Namun bukan berarti didalamnya tidak ada olahraga prestasi. Karena secara garis besar Pordasi memang olahraga prestasi," tegas Triwatty, di sela-sela pelantikan pengurus Pordasi Bali pada Minggu (29/9).

Menurut Triwatty, event Sport Tourism Pordasi pasti sangat banyak diminati oleh wisatawan asing. Bahkan dengan menyebut Bali saja, wisatawan pasti berbondong-bondong untuk turut terlibat dalam event tersebut. 

Bukan hanya mancanegara, tapi di Indonesia saja, kata Triwatty, ketika menggelar event di Bali, pasti sangat berminat untuk ikut. Maka, dengan adanya kepengurusan yang baru saat ini, diharapkan bisa menggarap potensi itu. 

"Namun kembali lagi sarana dan prasarana harus memadai dan memenuhi syarat internasional. Ini yang menjadi PR untuk pengurus baru dalam menata sarana nantinya, karena saya melihat potensi itu sangat besar," sebut Triwatty.

Bahkan, yang digadang-gadang menjadi salah satu yang diminati yakni Polo Pantai. Karena Bali memiliki banyak bentangan pantai. Maka, potensi ini harus dioptimalkan dengan baik. Pun untuk kuda yang dipakai harus kuda lokal atau tradisional Bali. 

Saya yakin akan banyak wisatawan mancanegara maupun domestik yang tertarik. Kita memiliki rencana untuk menyelenggarakan di Pantai. Saya yakin akan banyak menarik minat dari turis itu sendiri," papar Triwatty 

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum KONI Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan. Menurut dia, potensi Sport Tourism itu sangat besar di cabor Pordasi. Kegiatan Pordasi potensial itu bukan hanya prestasi, tapi Sport Tourism maupun Sport Industri. Sehingga, dia berharap di Bali ada venue yang bertaraf internasional, sehingga menggelar berbagai kegiatannya di Bali. 

"Sebenarnya sudah bagus, namun kalau ada yang tidak berstandar, maka diusahakan. Ya, karena Sport Tourism menjadi andalan ke depan tanpa mengesampingkan olahraga prestasi itu sendiri," tambah Oka Darmawan. dar

Komentar