nusabali

Koster-Giri akan Kembangkan Pelabuhan Sangsit

  • www.nusabali.com-koster-giri-akan-kembangkan-pelabuhan-sangsit

SINGARAJA, NusaBali - Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Bali Wayan Koster-I Nyoman Giri Prasta kembali menggelar kampanye di wilayah Kabupaten Buleleng, Selasa (1/10).

Kali ini kampanye menyasar tiga kecamatan wilayah Buleleng timur, meliputi Kecamatan Tejakula, Kecamatan Kubutambahan, dan Kecamatan Sawan. Selain menyampaikan visi misi sebagai pasangan calon, Koster juga menyebut rencana pembangunan Pelabuhan Sangsit sudah dibuatkan study rancang.

Koster dalam penyampaian visi misi saat kampanye di Gedung Serbaguna Besi Mejajar, Desa/Kecamatan Kubutambahan, Buleleng mengatakan Pelabuhan Sangsit di wilayah Desa Sangsit, Kecamatan Sawan, Buleleng memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Selama ini Pelabuhan Sangsit yang sudah tidak layak difungsikan sebagai Pelabuhan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) dan pelabuhan sandar dari Sapeken Madura-Buleleng.

“Pelabuhan Sangsit sudah dibuat study rancang pelaksanaannya. Nanti akan jadi pelabuhan perikanan, pelabuhan logistik dan pelabuhan pariwisata. Banyak yang mau investasi ke situ asal Pemprov yang menanggung pembebasan lahan dan masyarakat sekitar setuju,” jelas Koster. Untuk membangun pelabuhan terintegrasi itu, mantan anggota DPR RI ini menyebut setidaknya perlu anggaran Rp 470 miliar. Sedangkan untuk anggaran pembebasan lahan sebesar Rp 50 miliar. Dia pun mengklaim untuk pembebasan lahan masyarakat setempat sudah setuju. “Kira-kira 2025-2026 sudah bisa dianggarkan di APBD Provinsi (pembebasan lahan) yang penting tanggal 27 November Koster-Giri menang mutlak di Buleleng,” imbuh politisi asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini.

Koster pun menyakinkan kembali masyarakat Buleleng untuk mendukungnya menjadi Gubernur Bali dan Wakil Gubernur Bali I Nyoman Giri Prasta. Sebab selama periode pertama, masih banyak program yang belum tuntas dan perlu dilanjutkan. Seperti program penataan kawasan Pura Besakih, pembangunan shortcut Buleleng-Mengwitani, Turyapada Tower.

Sementara itu Cawagub I Nyoman Giri Prasta menjanjikan sejumlah program kepada masyarakat yang hadir dalam kampanye. Giri Prasta menyebut komitmen dengan Koster yang ingin membangun Bali dan tetap memegang teguh adat dan budaya Bali. Giri Prasta berjanji akan membantu dan menuntaskan perbaikan pura, balai banjar yang memang memerlukan perbaikan. Bantuan Desa Adat dan Banjar Adat juga akan ditambah.

Pria asal Petang, Badung ini menyebut akan memberikan insentif bagi pamangku termasuk memfasilitasi upacara ngaben massal gratis dan dwijati sulinggih. “Kalau insentif pamangku nanti kita hitung dulu berdasarkan kemampuan keuangan daerah. Seperti di Badung itu sudah jalan. Begitu juga ngaben massal kita gratiskan, krama hanya tinggal ngayah tidak perlu keluar biaya,” ucap Giri Prasta.

Disinggung soal anggaran dengan banyaknya rancangan program yang akan dilaksanakan oleh Paslon yang diusung PDI Perjuangan (PDIP) ini, dia menyebut tidak akan ada masalah. “Bagi Giri Prasta itu CGT, buktikan dengan pilih Giri jadi Cawagub, anggaran aman,” tegas dia. 7 k23

Komentar