nusabali

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Badung

  • www.nusabali.com-peringatan-hari-kesaktian-pancasila-di-badung

MANGUPURA, NusaBali - Penjabat (Pj) Sekda Badung Ida Bagus Surya Suamba menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar Pemerintah Kabupaten Badung di Lapangan Mangupraja Mandala, Puspem Badung, Selasa (1/10).

Upacara diikuti Ketua DPRD Badung I Gusti Anom Gumanti bersama pimpinan dan anggota DPRD Badung, Forkopimda Badung, para pejabat, pegawai Pemkab Badung, TNI/Polri, dan pelajar. 

Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia yang menjadi dasar sistem penyelenggaraan negara dan pandangan hidup bangsa. Pancasila memiliki peran penting dalam membimbing bangsa Indonesia menuju tujuan dan arah yang diinginkan. Sebagai landasan pembangunan dalam mewujudkan Indonesia maju, maka tema yang diangkat pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 yaitu ‘Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas’.

Makna dari tema ini mencerminkan komitmen Bangsa Indonesia untuk bersatu mencapai visi Indonesia Emas 2045, visi Indonesia yang maju, adil, dan makmur. Selain itu bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme anak bangsa melalui upacara Hari Kesaktian Pancasila.

Surya Suamba menjelaskan, Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober sebagai upaya mempertebal dan meresapkan keyakinan akan kebenaran, keunggulan, serta kesaktian Pancasila sebagai satu-satunya pandangan hidup bangsa Indonesia. Diharapkan para generasi penerus bangsa khususnya di Kabupaten Badung dapat terus menjaga nilai-nilai luhur Pancasila, serta mempertahankan persatuan dan integritas bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai momentum dan bukti nyata bahwa Pancasila itu sakti dan mampu mempersatukan rakyat. Semoga ke depannya Badung semakin maju dan rakyat semakin sejahtera, sebagai implementasi sila kelima Pancasila yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” harapnya. @ ind

Komentar