nusabali

Jelang Karya Bhatara Turun Kabeh di Pura Kehen, Pemkab Bangli Hibahkan Dana Rp 1,5 Miliar

  • www.nusabali.com-jelang-karya-bhatara-turun-kabeh-di-pura-kehen-pemkab-bangli-hibahkan-dana-rp-15-miliar

BANGLI, NusaBali - Pemkab Bangli segera mencairkan hibah sebesar Rp 1,5 miliar untuk pelaksanaan Karya Bhatara Turun Kabeh di Pura Kehen, Kelurahan Cempaga, Bangli. Pemkab juga memberikan bantuan berupa pakaian lengkap bagi pemangku dan prajuru bebanuan Pura Kehen senilai Rp 300 juta.

Bantuan ini sudah mulai diproses untuk cair. Puncak karya jatuh pada Purnama Kalima tepat 16 November 2024.

Kabag Kesra Setda Bangli Made Eddy Hartawan mengakui dalam rangka Karya Bhatara Turun Kabeh di Pura Kehen, Pemkab Bangli menyerahkan hibah sebesar Rp 1,5 miliar. Saat ini sudah diproses. "Diperkirakan pertengahan bulan Oktober ini, sudah bisa cair," jelasnya, Selasa (1/10).

Lanjutnya, sesuai Purana Kehen ada tiga Pura yang mendapat bantuan rutin setiap odalan dari Pemkab Bangli, yakni,  Pura Kehen sebesar Rp 140 juta, Pura Penataran Sidembunut dan Pura Hyang Ukir masing-masing sebesar Rp 80 juta.

"Pemerintah dalam hal ini wajib hadir untuk mendukung masyarakat dalam pelaksanaan upacara," sebutnya.

Selain itu, bantuan rutin juga diberikan ke Pura Dalem Lagaan di Banjar Petak Kelurahan Bebalang dan Pura Pengerubungan masing-masing Rp 50 juta.

Eddy Hartawan menambahkan, Pemkab Bangli juga memberikan bantuan berupa pakaian lengkap bagi pemangku dan prajuru bebanuan Pura Kehen dengan anggaran sebesar Rp 300 juta. "Untuk bantuan ini pemangku ditangani Dinas Pariwisata," imbuhnya. 7esa

Komentar