nusabali

Hino Tingkatkan Keamanan dan Keselamatan Armada BBM di Bali

Terapkan Program New Maintenance Management System

  • www.nusabali.com-hino-tingkatkan-keamanan-dan-keselamatan-armada-bbm-di-bali

AMLAPURA, NusaBali.com – PT Pertamina Patra Niaga melalui Integrated Terminal Manggis resmi mengimplementasikan program New Maintenance Management System (MMS) per 1 Oktober 2024 untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan armada pengangkut bahan bakar.

Program ini melibatkan PT Elnusa Petrofin dan PT Hino Motors Sales Indonesia, dengan fokus pada 57 unit truk Hino yang digunakan untuk distribusi BBM di wilayah Bali.

Project New MMS ini diluncurkan pada Selasa (1/10/2024), dalam acara GO LIVE di Depo Manggis yang dihadiri oleh perwakilan Elnusa, Hino, dan PT Cahaya Surya Bali Indah (CSBI). 

Yeremia Yordan, Technical Maintenance PT Elnusa Petrofin Jakarta, menjelaskan bahwa program New MMS ini dijalankan di sembilan lokasi terminal bahan bakar nasional, salah satunya adalah Manggis. 

“Khusus untuk Bali, saat ini kami baru memulai di Manggis dan berharap dalam waktu dekat juga bisa beroperasi di FT Pesanggaran. Program ini bertujuan untuk memastikan armada mobil tangki Elnusa Petrofin IT Manggis dapat beroperasi dengan aman dan efisien sesuai standar keselamatan,” ujar Yeremia.

Dimas, perwakilan dari HO TBBM Bali, juga menekankan pentingnya peran Hino dalam menjaga performa armada. "Kami sangat berharap pihak CSBI melalui para inspektor mekaniknya mampu melakukan pengecekan dengan baik terhadap unit tangki BBM kami, agar segala permasalahan yang terjadi dapat terdeteksi sejak dini untuk menghindari insiden di jalan," ungkap Dimas.

Dalam implementasi program ini, Hino menempatkan sembilan mekanik yang tersertifikasi ATPM Hino, serta lima mekanik untuk perawatan berkala. 

Eko Budi, General Service Operation Division Head dari Hino Motors Sales Indonesia, menyatakan, “Dengan tenaga kerja Hino yang tersertifikasi, dikolaborasikan dengan tim Elnusa sebagai pengelola operasional, diharapkan keandalan armada dapat meningkat dan distribusi BBM berjalan lancar, yang tentunya berdampak positif terhadap bisnis Pertamina."

Launching Implementasi Project New Maintenance Management System PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Manggis.-IST

Program ini juga mendapat dukungan penuh dari PT Cahaya Surya Bali Indah (CSBI), salah satu distributor Hino di Bali. “Kami mendukung 100% kebutuhan agar program ini berjalan dengan baik dan lancar. Semoga unit-unit Hino milik konsumen setia kami, yang tergabung dalam transportasi BBM ini, dapat terawat dengan baik hingga akhir kontrak,” kata Gede Subawa, General Manager PT CSBI.

New MMS melibatkan dua aktivitas utama, yaitu pemeriksaan harian (Daily Inspection) dan perawatan berkala (Periodical Maintenance). Dalam pemeriksaan harian, mekanik yang telah tersertifikasi melakukan pengecekan menyeluruh untuk memastikan kelayakan unit tangki sebelum mengangkut dan mendistribusikan BBM. Sedangkan untuk perawatan berkala, mekanik melakukan perawatan setiap 10.000 km, termasuk penggantian oli, filter, serta pemeriksaan rem, kopling, kelistrikan, dan komponen lain.

Melalui program ini, PT Pertamina Patra Niaga dan mitra terkait berharap distribusi BBM di Bali dapat berlangsung dengan lebih aman dan efisien, mendukung mobilitas ekonomi serta kebutuhan energi masyarakat di Bali.

Komentar