nusabali

SMPN 1 Selat Nihil Perayaan Bulan Bahasa

  • www.nusabali.com-smpn-1-selat-nihil-perayaan-bulan-bahasa

AMLAPURA, NusaBali - SMPN 1 Selat, Karangasem, tidak melaksanakan 'tradisi'  perayaan bulan bahasa pada Oktober 2024 ini. Kebijakan pihak sekolah ini bukan yang pertama, karena sebelumnya beberapa kali juga tidak merayakan, seperti dilakukan SMPN lain.

Kasek SMPN 1 Selat I Nengah Sikiarta memberikan alasan khusus terkait hal itu. "SMPN 1 Selat memang tidak pernah merayakan kegiatan bulan bahasa, kegiatan itu dipindah ke bulan Desember disinkronkan dengan pelaksanaan HUT SMPN 1 Selat," jelasnya kepada NusaBali di Amlapura, Rabu (2/10).

Kegiatan bulan bahasa yang umumnya dilaksanakan Oktober 2024, katanya, tidak ada bedanya dengan kegiatan sekolahnya pada Desember nanti. Agendanya tetap sama, ada lomba story telling, baca puisi modern, menulis cerpen, bercerita, pidato, mapidarta, modern dance, dan karaoke.

"Jadinya bakat-bakat siswa di beberapa bidang non akademis, tetap bisa terpantau di bulan Desember," jelasnya. Dalam kegiatan itu siswa dapat kesempatan berlomba, naik panggung menguji mental dan menambah pengalaman berlomba.

Di bagian lain, Kasek SMPN 2 Amlapura Kadek Wirawan mengatakan, kegiatan bulan bahasa secara rutin dilaksanakan. Kali ini usai perayaan Kuningan. "Tetap menggelar bulan bahasa untuk memberikan kesempatan kepada siswa kelas VII dan kelas VIII untuk tampil dalam lomba, sehingga terjaring siswa berbakat di berbagai bidang sastra," kata Kadek Wirawan.

Bahkan tahun-tahun sebelumnya SMPN 2 Amlapura juga menggelar acara, salah satunya pameran 1.000 topeng, setiap siswa wajib menyetorkan karyanya kemudian dipamerkan. Sejauh mana siswa memiliki bakat seni akan ketahuan dari hasil karyanya.

Begitu juga, menurut Kasek SMPN 1 Abang I Gusti Bagus Putra, secara rutin melaksanakan bulan bahasa, tiap Oktober. "Kan tiap tahun ada dua bulan bahasa, bulan bahasa Bali setiap Februari, dan bulan bahasa setiap Oktober," katanya.

"Siswa berbakat akan terpantau, di kegiatan bulan bahasa itu, selanjutnya diadakan pembinaan secara intensif untuk mewakili SMPN 1 Abang di lomba-lomba yang akan datang," jelas Kasek SMPN 1 Abang asal Banjar Selat Kelod, Desa/Kecamatan Selat.

Di SMPN 1 Abang, katanya, memiliki kegiatan rutin. Setiap kamis siswa wajib naik panggung, namanya Paras Bali (Panggung Wraspati Basa Bali). Ada baca puisi dan bercerita dalam bahasa Bali, nantinya yang berbakat ikut lomba bulan bahasa Bali. Sedangkan untuk bahasa Indonesia, panggungnya di bulan Oktober.

Di bagian lain, Kasek SMPN 1 Amlapura I Nengah Puspa mengatakan, tetap melaksanakan bulan bahasa hanya saja waktunya singkat. "Saya agendakan kegiatannya dua hari. Sebab, anak-anak kecapaian setiap bulan mengikuti lomba," jelas I Nengah Puspa, yang mantan Kasek SMPN 3 Amlapura, tersebut.

Kasek SMPN 2 Bebandem Ni Komang Tresna Winasih mengagendakan bulan bahasa sinkrun dengan kegiatan tengah semester, 14-16 Oktober. 7k16

Komentar