nusabali

BI Ajak Kabupaten/Kota Waspadai Inflasi

  • www.nusabali.com-bi-ajak-kabupatenkota-waspadai-inflasi

DENPASAR, NusaBali - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Bali (KPw BI Provinsi Bali)  mengajak seluruh Kabupaten/Kota di Bali untuk memperkuat langkah pengendalian inflasi secara konsisten, serta memperkuat inovasi dan sinergitas. Hal itu untuk merespon potensi inflasi ke depan.

Konsistensi seluruh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Bali dalam pengendalian inflasi diwujudkan melalui kebijakan 4K (Ketersediaan Pasokan , Keterjangkauan harga, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi yang efektif). Antara lain melalui operasi pasar murah dan Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen (Genta Paten) di lahan milik Pemerintah Provinsi.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja menyampaikan Rabu (2/10).

“Langkah lain yang dilakukan termasuk penguatan pemantauan ketersediaan stok, perluasan distribusi cadangan pangan pemerintah melalui mitra distributor, toko pangan kita, dan pengecer,” jelasnya.

Kemudian  optimalisasi bantuan transportasi untuk mendorong kelancaran distribusi pangan, peningkatan sarana dan prasarana produksi pangan, serta penyebarluasan informasi pelaksanaan operasi pasar murah kepada masyarakat diiringi imbauan belanja bijak.

“ Melalui langkah-langkah tersebut, Bank Indonesia meyakini inflasi Provinsi Bali pada tahun 2024 akan tetap terjaga dalam kisaran target inflasi nasional 2,5%±1%,” ujarnya.

Sebelumnya BPS Provinsi Bali, menyampaikan perkembangan harga Provinsi Bali pada September 2024 secara bulanan mengalami inflasi sebesar 0,13% (mtm), lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang juga mengalami inflasi sebesar 0,10% (mtm).

Secara tahunan, inflasi Provinsi Bali meningkat dari 2,32% (yoy) pada bulan sebelumnya menjadi 2,67% (yoy), didorong peningkatan permintaan pada Hari Raya Galungan. Capaian inflasi Provinsi Bali tersebut berada di atas Nasional yang mengalami deflasi bulanan -0,12% (mtm) dan inflasi tahunan 1,84% (yoy).

Oleh karenanya, langkah-langkah pengendalian inflasi perlu terus diperkuat melalui kolaborasi, inovasi, dan sinergi TPID, baik di tingkat provinsi Bali maupun kota/kabupaten.  K17

Komentar