nusabali

Pelayanan Adminduk Melonjak Tajam Saat Rekrutmen PPPK

  • www.nusabali.com-pelayanan-adminduk-melonjak-tajam-saat-rekrutmen-pppk

SINGARAJA, NusaBali - Kunjungan di pelayanan Administrasi Kependudukan (adminduk) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buleleng, membludak sejak awal pekan lalu.

Banyak masyarakat yang sedang mengurus adminduk untuk keperluan persyaratan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang telah dibuka pemerintah.

Kepala Disdukcapil Buleleng, Made Juartawan, dikonfirmasi Rabu (2/10) kemarin menerangkan, pelayanan adminduk yang saat ini ramai dicari masyarakat yakni penyesuaian data di Kartu Tanda Penduduk (KTP), pencetakan KTP baru hingga menghilangkan gelar pendidikan di depan atau di belakang nama.

“Memang ada peningkatan layanan sejak Senin lalu (30/9), seperti misalnya layanan cetak e-KTP yang di hari biasa rata-rata 150 keping, kemarin Senin itu sampai 700 keping,” terang Juartawan.

Menurutnya, layanan yang banyak dicari masyarakat seperti penyesuaian nama di KTP dengan Ijazah. Seperti penyertaan I atau Ni di depan nama yang kadang tidak sinkron antara di KTP dengan Ijazah, serta elemen data lainnya. Permohonan lain yang juga sedang banyak dicari, pencetakan KTP ulang, karena KTP yang dibawa sudah buram dan tidak bisa dibaca datanya.

“Kalau yang penghapusan gelar pendidikan di depan atau di belakang nama itu kami juga melayani sepanjang ada permohonan. Tetapi dari ketentuan seleksi dari panitia informasinya tidak masalah isi atau tidak,” imbuh Juartawan.

Dalam pelayanan adminduk pada masa seleksi PPPK, Disdukcapil Buleleng mengaku tidak mengalami kesulitan dan semua permohonan masih bisa dilayani dengan maksimal. Juartawan pun menyebut tidak ada prioritas layanan yang diberikan. Seluruh peserta seleksi PPPK yang ingin menyesuaikan adminduk dilayani sama seperti masyarakat pada umumnya. Untuk mengantisipasi antrean terlalu panjang, pelayanan adminduk dapat dilakukan di Kantor Camat dan Mall Pelayanan Publik (MPP) Buleleng, selain di Kantor Disdukcapil Buleleng.7 k23

Komentar