nusabali

Tiga Dekade NusaBali Setia Menyapa Pembaca Setiap Hari

  • www.nusabali.com-tiga-dekade-nusabali-setia-menyapa-pembaca-setiap-hari

DENPASAR, NusaBali.com - Tepat pada Kamis (3/10/2024), Harian Umum NusaBali, genap berusia 30 tahun. Sudah tiga dekade surat kabar kesayangan Anda setia dan konsisten menyajikan informasi yang aktual, kredibel, dan independen.

Sejak hadir di tengah masyarakat Bali tahun 1994 silam, NusaBali menghadapi berbagai tantangan industri media. Hingga kini, tagline ‘Yang Penting Beritanya, Bli...!’ berhasil terngiang di telinga pembaca yang menjadi komitmen NusaBali menjaga kualitas setiap pemberitaan.

Pemimpin Perusahaan I Made Maha Dwija Santya menuturkan, ibarat manusia, umur kepala tiga bukanlah usia yang muda lagi. Di ulang tahun mutiara (pearl jubilee) ini, manusia diharapkan menjadi pribadi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Terbaru di tahun 2024, NusaBali resmi menjadi satu-satunya surat kabar cetak yang terbit setiap hari, termasuk hari Minggu di Pulau Dewata. Rekan-rekan sejawat media cetak lokal yang lain telah memutuskan meliburkan produksi untuk terbitan hari Minggu.

“Akankah NusaBali mengikuti teman-teman media yang lain? Di HUT Ke-30 ini, semangat kita masih sama untuk selalu menyapa pembaca setiap hari, kecuali hari libur nasional,” ujar Maha Dwija Santya saat perayaan tiga dekade NusaBali di Taman Inspirasi Muntig Siokan, Pantai Mertasari, Desa Sanur Kauh, Denpasar.

Ya, hingga kini NusaBali tetap konsisten menyapa pembaca selama tujuh hari dalam sepekan. Media yang bermarkas di Denpasar ini juga bertahan menyaji informasi terkini dari peristiwa daerah dan nasional pada 16 halaman surat kabarnya.

NusaBali mengobati rasa dahaga pembaca akan informasi politik, pemerintahan, ekonomi, olahraga, pendidikan, hukum dan kriminal, seni dan budaya, sampai hiburan dan gaya hidup. Semuanya terangkum dalam 16 halaman dan masih menjadi surat kabar paling tebal di Bali saat ini.

“Tidak apa-apa NusaBali jadi satu-satunya surat kabar yang nanti terbit di hari Minggu,” imbuh Maha Dwija Santya sembari mengingatkan unit redaksi cetak, daring, dan tata usaha bahwa NusaBali bakal menghadapi tantangan lain di usia tiga dekade ini.

Tantangan lain yang disebut pemimpin perusahaan milenial kelahiran Klungkung ini adalah hajatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Nasional 2024. Sebagai usaha yang berbadan hukum pers, NusaBali harus cermat, berimbang, dan independen dalam memberitakan hajatan politik ini.

“Siapapun pemimpinnya nanti, kita akan bantu menyuarakan program-programnya dan siapapun calonnya kita akan tetap berimbang. Ini komitmen kita untuk menjaga kepercayaan pembaca,” tegas Maha Dwija Santya di hadapan Pimpinan Redaksi dan puluhan karyawan NusaBali.

Sementara itu, Kamis pagi di Taman Inspirasi Muntig Siokan, keluarga besar NusaBali berkumpul memupuk kekompakan dalam acara family gathering dan team building. Pemimpin Perusahaan, Pimpinan Redaksi, dan karyawan berbaur membangun kerjasama lewat permainan.

Team building sudah jadi tradisi perayaan HUT dan bisa dibilang sebagai rahasia eksistensi NusaBali yang bertahan hingga kini. Selain team building, keluarga besar NusaBali juga menggelar acara tiup lilin dan tumpengan sebagai seremonial bertambahnya usia salah satu surat kabar lawas Pulau Dewata ini.

“Mudah-mudahan di tahun-tahun mendatang NusaBali tetap ajeg dan semakin maju sehingga kita bisa merayakan ini kembali dengan lebih meriah. Semoga kekompakan yang terbangun hari ini jadi modal kita bekerja ke depan,” ujar Pemimpin Redaksi I Ketut Suardana.

Salah satu tokoh sepuh NusaBali yang sudah menjadi bagian surat kabar ini sejak berdiri 1994 silam, Ketut Naria, mengaku bangga dengan pencapaian NusaBali. Eksistensi dan konsistensi semacam ini bukanlah capaian mudah tanpa transformasi yang mampu menjawab tantangan zaman.

“Konsistensi ini bisa menjadi peluang untuk tetap eksis dan tetaplah independen. Saya harap senior yang masih ada di NusaBali sampai sekarang sejak pendirian mampu membimbing juniornya ke depan. Selamat HUT Ke-30!” seru Naria, tokoh senior eks Pemimpin Redaksi NusaBali.

Selain surat kabar cetak, NusaBali juga memiliki divisi digital yang bernaung di bawah merek NusaBali.com mengelola portal berita dan akun media sosial (medsos). Divisi digital NusaBali mengelola akun medsos dengan total ratusan ribu pengikut dan pelanggan. *rat

Komentar