nusabali

Pemkot Sisakan 9,56 Kilometer Jalan Rusak

Siapkan Rp 105 Miliar, Dikerjakan Bertahap

  • www.nusabali.com-pemkot-sisakan-956-kilometer-jalan-rusak

DENPASAR, NusaBali - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Denpasar menggarap 39,69 kilometer dari total 49,275 kilometer jalan rusak di Kota Denpasar per Agustus tahun 2024.

Sehingga saat ini Pemkot masih menyisakan 9,56 kilometer lagi jalan rusak dan akan diperbaiki bertahap.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Denpasar, Ida Ayu Trisuci Arnawati saat diwawancarai, Kamis (3/10) mengatakan, ruas jalan rusak yang khusus ditangani Pemkot Denpasar sepanjang 49,275 kilometer. Dari jumlah tersebut, terdiri dari 18,33 kilometer jalan rusak ringan dan 30,914 kilometer jalan rusak berat. “Ruas jalan rusak ringan dan berat itu totalnya segitu. Cuman itu baru hingga bulan Agustus 2024. Nah, untuk perbaikannya sudah disiapkan khusus tahun 2024 ini,” ujar Dayu Trisuci.

Kata Dayu Trisuci, perbaikan jalan rusak yang dilakukan di tahun 2024 ini sepanjang 39,69 kilometer. Sementara sisanya akan dilanjutkan pada tahun anggaran 2025. Selain itu kata Dayu Trisuci, penanganan jalan rusak berdasarkan usulan, dan dalam satu ruas kondisi kerusakannya bervariasi. Karena tidak sepanjang ruas jalan alami rusak berat, ada juga rusak ringan. Menurut dia, tahun ini Dinas PUPR Kota Denpasar menyiapkan anggaran sebesar Rp 105 miliar untuk penanganan jalan rusak. “Total anggaran tahun 2024 ada Rp 105 miliar itu untuk 39,69 kilometer jalan rusak. Kami fokuskan jalan-jalan yang memang urgent perlu diperbaiki,” ujar Dayu Trisuci. 

Seperti sebelumnya, tiga ruas jalan di wilayah Kecamatan Denpasar Selatan mendapatkan program rehabilitasi jalan kawasan, yakni Jalan Pulau Moyo, Jalan Griya Anyar, dan Jalan Tukad Pakerisan. “Pengerjaan perbaikan tiga ruas jalan dalam program rehabilitasi jalan kawasan di Kecamatan Denpasar Selatan telah dilaksanakan, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan warga kota yang melintasi tigas ruas jalan tersebut,” ujar Dayu Trisuci. 

Lebih lanjut disampaikan tiga ruas jalan tersebut yang diperbaiki dengan total panjang 4,040 kilometer dengan anggaran mencapai Rp 23 miliar. Adapun masing-masing ruas jalan yang diperbaiki yakni, Jalan Pulau Moyo dengan panjang 2,267 kilometer, Jalan Griya Anyar yang meliputi perbaikan jalan dan pembuatan trotoar sepanjang 1,605 kilometer, dan Jalan Tukad Pakerisan sepanjang 1.68 kilometer. 

“Total anggaran yang digunakan dalam perbaikan tiga ruas jalan tersebut mencapai Rp 23 miliar, dua ruas jalan menggunakan anggaran APBD dan satu ruas jalan menggunakan dana DAK (Dana Alokasi Khusus),” ujar Dayu Trisuci.

Lebih lanjut disampaikan, masing-masing ruas jalan mendapatkan pagu anggaran, yakni untuk Jalan Griya Anyar Rp 5 miliar, Jalan Pulau Moyo Rp 10 miliar dan Jalan Tukad Pakerisan menggunakan dana DAK dengan pagu anggaran Rp 7 miliar. mis

Komentar