nusabali

Kebakaran Hanguskan Rumah di Banjar, Emas hingga Uang Rp 13 Juta Ludes

  • www.nusabali.com-kebakaran-hanguskan-rumah-di-banjar-emas-hingga-uang-rp-13-juta-ludes

“Penyebab kebakaran rumah tersebut masih dalam penyelidikan, dugaan sementara karena api dupa”

SINGARAJA, NusaBali
Kebakaran menghanguskan sebuah rumah di Gang Perkutut Dusun Munduk, Desa/Kecamatan Banjar, pada Rabu (2/10) malam sekitar pukul 20.30 Wita. Peristiwa ini menyebabkan kerugian material yang cukup besar bagi pemilik rumah, Komang Suartana, 43. Belum diketahui jelas penyebab kebakaran tersebut namun diduga kuat karena percikan api dupa.

Kasi Humas Polres Buleleng, AKP Gede Darma Diatmika mengungkapkan, sebelum kejadian korban sempat meninggalkan rumahnya untuk melayat ke kerabatnya di Desa Bestala, Kecamatan Seririt, Buleleng. Saat rumah dalam keadaan kosong itu, api berkobar dan menghanguskan bangunan yang berukuran 4 meter x 5 meter ini.

“Kebakaran itu terjadi saat korban tak berada di rumah. Sebelum berangkat, korban sempat bersembahyang dan dupa yang dipakai sembahyang sudah sempat dimatikan oleh istrinya,” ujarnya, dikonfirmasi Kamis (3/10) siang. 

AKP Diatmika melanjutkan, saksi I Dewa Made Wis Edi Putra, yang juga merupakan tetangga korban, mengungkapkan melihat api mulai membesar dari dalam rumah korban sekitar pukul 20.30 Wita. Ia pun berusaha memadamkan api menggunakan alat dan air seadanya. Namun api terus membesar dengan cepat.

“Saksi dan sejumlah warga lainnya langsung menghubungi pemadam kebakaran. Dinas Pemadam Kebakaran turun memadamkan api dan sekitar pukul 21.30 Wita, api berhasil dipadamkan,” lanjut AKP Diatmika.

Akibat kejadian ini, korban mengalami kerugian material yang cukup besar. Sejumlah barang berharga seperti surat-surat penting, uang tunai sebesar Rp 13 juta perhiasan emas, dan peralatan rumah tangga lainnya ludes terbakar. “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materiil ditaksir mencapai puluhan juta rupiah," tambahnya.

Pihak kepolisian telah melakukan olah TKP dan memeriksa sejumlah saksi untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran. Selain itu, petugas PLN juga telah dihubungi untuk memutus aliran listrik di rumah yang terbakar. “Penyebab kebakaran rumah tersebut masih dalam penyelidikan, dugaan sementara karena api dupa,” tandasnya. 7 mzk

Komentar