nusabali

Kesbangpol Buleleng Siapkan Aplikasi Khusus untuk Ormas dan Parpol

  • www.nusabali.com-kesbangpol-buleleng-siapkan-aplikasi-khusus-untuk-ormas-dan-parpol

SINGARAJA, NusaBali  - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Buleleng sedang menyiapkan aplikasi khusus untuk organisasi masyarakat (ormas) dan partai politik (parpol).

Aplikasi yang dirancang dengan nama Sistem Informasi Pelayanan Organisasi Masyarakat dan Partai Politik (Simpel Gaspol), konon akan memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran dan pelaporan. 

Kepala Kesbangpol Buleleng Komang Kappa Tri Aryandono, menjelaskan Sistem Gaspol disiapkan untuk mengubah mekanisme pelayanan yang selama ini dilakukan secara manual menjadi sistem online. Perubahan sistem layanan ini mudah diakses dan lebih efektif serta efisien. 

Kappa menyebut ormas atau parpol yang ingin terdaftar di Badan Kesbangpol dan mendapat Surat Keterangan Terdaftar (SKT), tidak perlu lagi datang ke kantor Kesbangpol, dengan berbagai dokumen yang diperlukan. Dengan Simpel Gaspol ini, ormas maupun parpol yang ingin mendaftar cukup melakukan dan mengunggah dokumen secara online. SKT yang diterbitkan pun berbentuk digital. 

“Kami memilih nama Simpel Gaspol karena ingin menekankan dua aspek penting dalam pelayanan digital ini. Simpel itu memberikan kemudahan dan gaspol itu cepat, sehingga harapannya melalui aplikasi ini bisa membantu pengguna mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dan lebih mudah, di mana saja dan kapan saja,” kata Kappa, Sabtu (5/10).

Sementara itu, aplikasi yang sedang dalam proses finalisasi dan penyempurnaan, diharapkan dapat diluncurkan pada akhir Oktober ini. Beberapa perangkat daerah dilibatkan dalam penyiapan aplikasi ini, untuk memastikan standar operasional prosedur (SOP) pelayanan publik terpenuhi.

“Harapan kami, minimal awal tahun 2025 aplikasi ini sudah bisa dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat, khususnya oleh ormas dan parpol di Kabupaten Buleleng,” ucap Kappa. 7 k23

Komentar