nusabali

Sedot Anggaran Rp 100 Miliar

Perbaikan Jalan Raya Mambal-Pelaga Tuntas Akhir 2024

  • www.nusabali.com-sedot-anggaran-rp-100-miliar

Pada beberapa bagian dilakukan tahap pengerukan dan pemadatan titik-titik jalan yang berlubang, sebelum jalan diaspal secara keseluruhan

MANGUPURA, NusaBali
Perbaikan Jalan Raya Mambal–Pelaga, Kabupaten Badung yang kondisiya ‘benyah latig’ alias rusak berat mulai digarap. Perbaikan ruas jalan yang berstatus jalan provinsi ini diambil alih oleh Pemkab Badung dengan menyedot anggaran Rp 100 miliar, yang bersumber dari APBD Badung tahun 2024.

Kepala Dinas PUPR Badung, Ida Bagus Surya Suamba mengatakan, Pemkab Badung melalui Dinas PUPR sudah memulai tahapan pengerjaan proyek Jalan Raya Mambal yang berada di wilayah Kecamatan Abiansemal sampai Pelaga di wilayah Kecamatan Petang. Kata dia, saat ini pengerjaan masih dalam tahap penutupan dan pengerasan jalan yang dianggap labil. “Perbaikan Jalan Mambal sampai Pelaga sedang dikerjakan,” ujar Surya Suamba, Sabtu (5/10).

Surya Suamba yang kini menjabat Pj Sekda Badung tersebut menambahkan, pada beberapa bagian dilakukan tahap pengerukan dan pemadatan titik-titik jalan yang berlubang, sebelum jalan diaspal secara keseluruhan. “Sekarang yang lubang-lubang diurug dulu. Kalau sudah padat baru nanti diaspal,” ungkapnya sembari menyebut di beberapa ruas sudah mulai dilakukan pengaspalan, seperti di ruas Mambal dan Latu.

Terkait anggaran, birokrat asal Tabanan ini menyebut sepenuhnya dibiayai oleh APBD Badung 2024. Perbaikan Jalan Raya Mambal-Pelaga ini ditargetkan tuntas pada pertengahan Desember 2024 mendatang. “Untuk anggaran kita siapkan sebesar Rp 100 miliar. Target kami proyek Jalan Raya Mambal-Pelaga rampung di pertengahan Desember 2024,” ucap Surya Suamba. 

Sebelumnya diberitakan, perbaikan Jalan Raya Mambal hingga Pelaga yang berstatus jalan provinsi dipastikan diambil alih oleh Pemkab Badung setelah diberikan izin oleh Pemprov Bali. Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta mengatakan, ambil alih perbaikan jalan ini menjadi komitmennya untuk memberikan pelayanan infrastruktur yang layak dan memadai bagi warganya. Setelah jalan tersebut selesai diperbaiki dan kondisinya sudah bagus, baru Pemkab Badung akan menyerahkan ke Provinsi Bali dalam bentuk hibah. “Setelah selesai jalannya baru kita hibahkan ke provinsi,” sebut Giri Prasta, Juli 2024 lalu.

Giri Prasta pun menyampaikan terima kasih kepada Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mehandra Jaya karena sudah memberikan izin kepada Pemkab Badung untuk memperbaiki Jalan Raya Mambal-Sangeh hingga ke Pelaga tersebut. ind

Komentar