nusabali

Kecamatan Pupuan Nihil Vaksinasi Sapi

Berantas Penyakit Mulut dan Kuku di Tabanan

  • www.nusabali.com-kecamatan-pupuan-nihil-vaksinasi-sapi

TABANAN, NusaBali - Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Tabanan mencapai target. Capaian ini sejumlah 4.073 ekor untuk September dan Oktober, sesuai dengan target Pemprov Bali. Hanya Kecamatan Pupuan masih nihil atau nol vaksinasi dari total estimasi sapi 307 ekor.

Dengan sudah mencapai target tersebut, Dinas Pertanian menghentikan sementara vaksin PMK sembari menunggu dropping vaksin sekaligus target selanjutnya dari Provinsi Bali. Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tabanan, Gde Eka Parta Ariana mengatakan capain vaksinasi sudah mencapai target. Target itu sesuai dengan jumlah vaksin dan target dari Provinsi Bali. "Kami sudah lampui target itu per 30 September lalu," ujarnya Minggu (6/10).

Menurutnya, dengan tercapaianya target tersebut total sapi yang sudah divaksinasi 25.309 ekor, meliputi vaksinasi tahap I, II, III dan IV. Jumlah itu dari total 41.292 ekor. "Meskipun capaian vaksin sudah lampui target tapi dari populasi yang ada belum bisa tercapai 100 persen," tegasnya.

Disebutkan, capaian itu belum bisa dilakukan 100 persen karena distribusi vaksin dari pusat secara bertahap. "Sekarang kami menunggu target vaksin selanjutnya. Berapa pun yang didroping, kami akan segera lakukan vaksinasi," tandas Parta Ariana.

Sesuai data pada Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tabanan, capaian vaksinasi PMK di Tabanan hampir menjangkau semua kecamatan. Hanya Kecamatan Pupuan capaiannya masih nihil atau nol dari total estimasi sapi sebesar 307 ekor.

Rincian capaian, yakni Kecamatan Baturiti dari estimasi populasi 12.325 ekor yang sekaligus merupakan daerah dengan populasi sapi terbanyak di Kabupaten Tabanan, realisasinya telah mencapai 7.366 ekor. Selanjutnya periode yang sama di Kecamatan Kediri dari total estimasi sapi sebanyak 2.485 ekor, realisasi vaksinasi PMK sudah mencapai 1.893 ekor.

Kecamatan Kerambitan dari total estimasi 2.047 ekor, realisasinya sudah sebesar 2.784 ekor. Kecamatan Marga dari populasi sebesar 4.794 ekor, capaian realisasi vaksinasi PMK sebesar 1.584 ekor. Kecamatan Penebel populasi sebesar 6.821 ekor sudah tervaksinasi sebanyak 3.996 ekor.

Kecamatan Selemadeg dengan populasi 3.174 ekor, realisasinya mencapai 1.930. Kecamatan Selemadeg Barat dengan populasi 2.647 ekor, realisasinya sudah mencapai 1.819 ekor. Kecamatan Selemadeg Timur dari populasi 4.483 ekor, realisasinya sudah mencapai 2.589 ekor, dan Kecamatan Tabanan dari estimasi populasi mencapai 2.209, realisasinya sudah mencapai 1.164 ekor.7des

Komentar