nusabali

Dinas PMD Cari Desa Pemilik Kelompok Teknologi Tepat Guna

  • www.nusabali.com-dinas-pmd-cari-desa-pemilik-kelompok-teknologi-tepat-guna

TABANAN, NusaBali - Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Tabanan buru desa yang memiliki kelompok Teknologi Tepat Guna (TTG). Ada 15 kelompok yang ditelusuri untuk nantinya mewakili Kabupaten Tabanan mengikuti lomba TTG tingkat Provinsi Bali.

Program TTG ini dicetuskan langsung oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Tujuannya untuk memperkuat ekosistem desa terutama merancang teknologi yang inovatif dan tepat guna hingga dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan desa.

Kepala Dinas PMD Tabanan I Gusti Ayu Supartiwi menegaskan tim saat ini tengah menelusuri desa yang memiliki kelompok TTG. Sudah ada 15 kelompok yang tercatat dan kelompok tersebut tengah dilakukan verifikasi kebenaranya. "Jadi nanti dari 15 kelompok ini akan dipilih satu yang memenuhi syarat untuk ikut lomba di tingkat Provinsi Bali," jelasnya, Senin (7/10).


Menurutnya untuk memverifikasi kelompok yang memiliki TTG tersebut harus memperhatikan sejumlah aspek. Mulai dari aspek lingkungan, keetisan, kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan. "Terpenting, harus menerapkan metode yang hemat sumber daya, mudah dirawat, tidak berdampak pencemaran lingkungan," tegasnya.

Nantinya, kata Supartiwi, ketika sudah verifikasi, tim akan menilai untuk mendapatkan satu kelompok mewakili Tabanan ke tingkat Provinsi Bali. "Lomba akan digelar dalam waktu dekat, ketika kelompok sudah terpilih maka akan dilakukan langsung pembinaan oleh Provinsi Bali," akunya.

Kepala Bidang Keswadayaan dan Kelembagaan Masyarakat Ni Luh Gede Parwati menegaskan penelusuran telah dilakukan sejak September 2024. Tahun ini ada 15 desa yang akan diverifikasi kebenarannya di lapangan terkait dengan teknologi tepat guna ini. 

"Hasil penelusuran ini nantinya dirapatkan kembali oleh tim, untuk menentukan satu kelompok (desa) yang memenuhi syarat mendapatkan pembinaan dari kabupaten dan didaulat maju ke tingkat Provinsi. Dan tahun 2023, Desa Babahan Kecamatan Penebel mewakili Tabanan di tingkat Provinsi Bali," terangnya.7des

Komentar