nusabali

Peringati HHD-HKD 2024, BPPW Bali Hijaukan Pasar Umum Negara

  • www.nusabali.com-peringati-hhd-hkd-2024-bppw-bali-hijaukan-pasar-umum-negara

NEGARA, NusaBali - Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bali menggelar penanaman pohon di Pasar Umum Negara, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Senin (7/10).

Acara penanaman pohon yang juga diiringi talkshow bersama para anak-anak muda ini digelar dalam rangka memperingati Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia (HHD-HKD) tahun 2024.

Selain di Pasar Umun Negara, penanaman pohon juga dilaksanakan di beberapa lokasi lain se-Bali. Total ada 150 pohon perindang jenis tabebuya, flamboyan, dan bungur yang ditanam di 17 lokasi berbeda. Diantaranya, di tanam di Pura Besakih, Taman Kota Denpasar, Taman Kota Negara, sejumlah Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R), sejumlah SD-SMP-SMA, termasuk di BPPW Bali.

Sementara talkshow yang digelar kemarin melibatkan puluhan peserta anak-anak SMA/SMK di Jembrana. Acara talk show sesuai tema HHD-HKD tahun 2024, yakni 'Engaging Youth to Create a Better Urban Future & Yout Leading Climate and Local Action for Cities', ini dimoderatori oleh Gede Robi 'Navicula'. 

Narasumber Dr Ir Ngakan Ketut Acwin Dwijendra ST, SDs, MA, IPU, ASEAN Eng (Dosen Arsitektur Universitas Udayana) dan Rembulan Kania Maniasa (Executive Director Green School Foundation).

Kepala BPPW Bali Andreas Budi Wirawan mengatakan kegiatan peringatan HHD-HKD ini diselenggarakan serentak di 34 BPPW Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) se-Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak semua pihak, termasuk para generasi muda untuk peduli terhadap lingkungan.

"Kami coba untuk memberikan tindaklanjut kepada generasi muda. Yang mana pada tahun 2024 ini, perubahan iklim secara nasional di Indonesia ini harus ditanggapi atau direspon untuk dapat secara ekosistem alam ini menuju keseimbangan," ujar Andreas.

Foto Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali Andreas Budi Wirawan (tengah) saat meninjau situasi di Pasar Umun Negara, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Senin (7/10). -IST

Andreas menjelaskan, memilih pusat acara di Pasar Umum Negara ini sebagai salah satu infrastruktur yang dibangun BPPW Bali. Dirinya yang sempat memantau situasi di dalam pasar, mengaku turut berterimakasih kepada masyarakat Jembrana karena infrastruktur ini telah dimanfaatkan dengan baik dan acara dapat berjalan dengan lancar.

"Ini merupakan salah satu infrastruktur di Kementerian PUPR yang sudah selesai dilaksanakan dan telah dimanfaatkan atau dioperasiokan oleh Pemkab Jembrana. Sehingga tentunya ini menjadi lokasi terpilih kami di beberapa tempat yang menjadi infrastruktur terbangun di keciptakaryaan. 

Kami bersama tim sudah menilai dari infrastruktur-infrastruktur itu mana yang terbaik ataupun siap kami laksanakan untuk acara HHD dan HKD ini," ucap Andreas.

Sekda Jembrana I Made Budiasa yang hadir mewakili Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Jembrana, berterimakasih kepada BPPW Bali yang telah memilih Jembrana sebagai lokasi penyelenggaran HHD-HKD Tahun 2024 ini. 

Menurutnya, pemilihan lokasi acara di Pasar Umun Negara sangatlah tepat dengan peringatan HKD karena pasar ini tepat berada di titik nol Kota Negara, Jembrana.

"Jadi memang pas juga dan tadi ada alasan lain karna telah dibangun infrastruktur dan sebagainya. Sehingga kami setuju dan kami sepakat dengan BPPW bahwa untuk penyelanggaraan HBD dan HKD ini kita laksanakan di tempat ini," ucap Sekda Budiasa.

Sekda Budiasa berharap acara ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Jembrana. Terlebih juga ada acara talkshow dengan menyasar anak-anak muda sebagai generasi penerus bangsa ini. "Ini sangat luar biasa. 

Kita mengajak anak-anak SMA/SMK untuk bisa menanam pohon dan ada talk show. Mudah-mudahan generasi muda kita di Jembrana juga melanjutkan sesuai tujuan atau tema daripada HHD dan HKD tahun 2024 ini," ujar Sekda Budiasa.@ode

Komentar