nusabali

Pantai Pandawa Kebanjiran Pengunjung

  • www.nusabali.com-pantai-pandawa-kebanjiran-pengunjung

MANGUPURA, NusaBali - Daya Tarik Wisata (DTW) Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, masih menjadi salah satu primadona tujuan wisatawan.

Pantai yang terkenal dengan keindahan tebing kapurnya ini dibanjiri wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Peningkatan jumlah pengunjung ini menunjukkan daya tarik pantai yang berlokasi di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung yang tak pernah surut.

Manajer Pengelola Pantai Pandawa I Wayan Letra, mengatakan peningkatan jumlah pengunjung sudah mulai terlihat sejak 21 September 2024. Namun puncaknya terjadi pada Hari Raya Galungan, tepatnya pada 25 September 2024. “Kunjungan di DTW Pantai Pandawa memuncak pada Galungan, meskipun peningkatan sudah mulai tampak dari tanggal 21 September 2024. Pada Hari Raya Galungan, kami mencatat jumlah kunjungan tertinggi mencapai 6.242 orang,” ujarnya, Senin (7/10) siang.

Menurut data yang dihimpun oleh pengelola, total kunjungan dari 21 hingga 26 September 2024 mencapai 28.472 orang. Sementara itu, pada Hari Raya Kuningan, jumlah pengunjung juga cukup tinggi, meski tidak setinggi pada saat Hari Raya Galungan. “Saat Galungan, kunjungan mencapai sekitar 6.000 orang, sedangkan pada Kuningan, jumlahnya mendekati 5.000 lebih,” kata Letra.

Letra menjelaskan libur panjang ini masih didominasi oleh wisatawan lokal, termasuk yang datang dari Pulau Jawa. “Peningkatan ini juga ada korelasinya dengan hari raya, kalau tidak ada libur Galungan dan Kuningan mungkin juga tidak mencapai 6.000, maksimal 3.000 hingga 4.000 lah sehari saat weekend. Selain itu, karena Sabtu libur dan kebetulan juga pada Agustus sudah mulai dilaksanakan study tour oleh sekolah-sekolah di Jawa,” jelasnya sembari menyebu jika kunjungan wisatawan asing juga mulai mengalami peningkatan, khususnya dari China dan Korea. 

Disinggung soal kunjungan wisatawan tahun ini, Letra menjelaskan secara umum jumlah kunjungan ke Pantai Pandawa mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Letra mengungkapkan jika dibandingkan tahun 2023, mengalami peningkatan sekitar 20 persen.

“Kelihatannya di 2023 rata-rata kunjungan hanya 1.500 bahkan 2.000 per hari. Namun saat ini bisa 2.500 sampai 3.000 kunjungan orang per hari. Kurang lebih kalau dipersentasikanpeningkatannya 20 persen,” ungkap Letra.

Direktur Utama BUMDA Kutuh Ni Luh HepiWiradani, mengatakan terus berupaya meningkatkan jumlah pengunjung di DTW Pantai Pandawa. Upaya yang dilakukan antara lain dengan gencar melakukan promosi baik secara online maupun offline. Selain itu, BUMDA Kutuh juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas yang ada di Pantai Pandawa.

“DTW Pantai Pandawa selalu berusaha meningkatkan kunjungan dengan berpromosi aktif baik secara online maupun offline. Didukung dengan upaya peningkatan pelayanan dan fasilitas lain yang diperlukan,” ucapnya. 7 ol3

Komentar