nusabali

Tahan Aston Villa, Manchester United Lima Laga Tanpa Kemenangan

Erick ten Hag Percaya Diri Masih Didukung Semua Pihak di Old Trafford

  • www.nusabali.com-tahan-aston-villa-manchester-united-lima-laga-tanpa-kemenangan

BIRMINGHAM, NusaBali - Manchester United (MU) melalui lima laga tanpa kemenangan, setelah meraih hasil imbang tanpa gol (0-0) dalam laga tandang di markas Aston Villa, di Villa Park, Birmingham, dalam lanjutan Liga Primer Inggris 2024/2025, Minggu (6/10) malam.

Hasil imbang itu membuat MU kembali gagal meraih poin penuh dalam lima laga terakhir, dengan perincian empat kali imbang dan satu kekalahan telak 0-3 saat menjamu Tottenham Hotspur di markas sendiri.

Pelatih MU Erik ten Hag pun membanggakan catatan empat clean sheets timnya dari 11 laga musim ini, termasuk lawan Aston Villa). Hasil itu clean sheets keempat MU di English Premier League (EPL), setelah melawan Fulham (1-0), Southampton (3-0), dan melawan Crystal Palace (0-0).

Menurut Ten Hag, performa timnya belum memuaskan musim ini, dengan tercecer di peringkat 14 klasemen sementara Liga Inggris dan peringkat 21 di Liga Europa. Menurutnya empat clean sheets yang dimiliki menunjukkan organisasi permainan timnya berjalan sangat baik.

Catatan empat clean sheets ini juga dirasa pelatih asal Belanda itu sebagai kemajuan luar biasa di area pertahanan, salah satunya menunjukkan permainan build-up timnya yang bagus dan tenang.

Meski demikian, Ten Hag mengakui catatan itu harus segera diperbaiki selama dua pekan jeda internasional, terutama kemampuan MU mencetak gol. Dia ingin tim harus lebih kejam, lebih klinis, dan lebih banyak membunuh.

Dua striker utama MU, Joshua Zirkzee dan Rasmus Hojlund, sejauh ini juga baru menyarangkan masing-masing satu gol. Ten Hag menyebut ketajaman dua strikernya itu akan "segera datang".

Erik ten Hag juga merasa semua pihak di MU masih mendukungnya usai hasil imbang 0-0 lawan Aston Villa. Menurutnya, dukungan para pemain hingga petinggi klub terhadapnya masih sama seperti yang dikatakannya setelah MU kalah 0-3 dari Tottenham Hotspur, akhir September lalu.

Ten Hag juga mengatakan, komunikasinya dengan para petinggi klub, seperti Sir Jim Ratcliffe, Dan Ashworth, dan Omar Berrada selalu terbuka dan tanpa ada hambatan.

Awal musim ini seruan pemecatan Ten Hag kembali muncul setelah rentetan hasil buruk dari 11 laga. Terutama, dua kekalahan memalukan di Old Trafford melawan Liverpool dan Tottenham dengan skor 0-3.

Sementara dalam laga EPL lainnya, Tottenham Hotspur kena comeback tuan rumah Brighton, 2-3, di Stadion Amex, Brighton, yang berakhir Senin (7/10) dinihari Wita.

Tottenham sempat unggul lebih dahulu lewat Brennan Johnson dan James Maddison. Namun Brighton comeback dan menang berkat gol Yankuba Minteh, Georginio Rutter dan Danny Welbeck 

Hasil itu membuat Brighton mengakhiri catatan tak pernah menang dalam empat laga terakhir Liga Primer Inggris setelah tiga hasil imbang dan satu kekalahan. Kini Brighton naik ke peringkat enam klasemen sementara dengan 12 poin dari tujuh laga, sedangkan Tottenham turun ke posisi 10 dengan 10 poin.

Secara statistik pada pertandingan ini Tottenham dapat lebih unggul dengan menguasai 60 persen penguasaan bola serta melepaskan total 13 tendangan, namun Brighton dapat tampil lebih efektif. ant

Komentar