nusabali

Perangi Narkoba, Kemenkumham dan BNNP Gelar Pertemuan Khusus

  • www.nusabali.com-perangi-narkoba-kemenkumham-dan-bnnp-gelar-pertemuan-khusus

DENPASAR, NusaBali - Kementerian Hukum dan HAM Bali bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali mengadakan audiensi untuk membahas sinergi dalam pemberantasan narkoba, di Ruang Nakula Kemenkumham Bali, Denpasar, pada Rabu (9/10).

Pada Pertemuan ini, dibahas tentang pentingnya penyediaan rumah singgah bagi mantan narapidana penyalahgunaan narkoba sebagai tempat rehabilitasi sosial dan dukungan. 

Dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi Mamur Saputra, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Rahendro Jati, Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian Saroha Manullang, serta Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi I Nyoman Mudana, pertemuan ini membahas berbagai strategi dan langkah konkret untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi dalam pencegahan serta pemberantasan narkoba.

Salah satu fokus penting dalam diskusi adalah rencana kolaborasi untuk menyediakan rumah singgah bagi mantan warga binaan pemasyarakatan yang terjerat kasus penyalahgunaan narkoba. Rumah singgah ini diharapkan menjadi tempat rehabilitasi sosial bagi mereka yang telah menyelesaikan masa pidana, sehingga dapat menghindari keterlibatan kembali dalam penyalahgunaan narkoba.

"Kami ingin memberikan kesempatan kedua bagi mereka yang telah berbuat kesalahan. Dengan adanya rumah singgah, mereka bisa mendapatkan pendampingan dan dukungan untuk kembali ke masyarakat dan memulai hidup baru yang lebih baik," ungkap Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Pramella Yunidar Pasaribu.

Pramella juga menekankan pentingnya kerja sama yang erat antara Kemenkumham Bali dan BNNP Bali dalam menghadapi tantangan serius terkait narkoba. "Narkoba merupakan ancaman serius bagi generasi muda dan masyarakat kita. Oleh karena itu, sinergitas dan kolaborasi yang semakin kuat antar kedua instansi sangatlah penting untuk memeranginya," tegasnya.

Kepala BNNP Bali Rudy Ahmad Sudrajat, menyampaikan apresiasi atas kesediaan Kakanwil Kemenkumham Bali untuk menjalin kerja sama yang lebih erat. Ia berharap sinergi ini dapat membuat upaya pemberantasan narkoba di Bali semakin efektif.

Selain itu, dalam pertemuan ini juga dibahas mengenai peningkatan koordinasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing lembaga, pengembangan program-program pencegahan dan rehabilitasi, serta penguatan penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana narkoba.

Dengan terjalinnya kerja sama yang baik antara Kemenkumham Bali dan BNNP Bali, diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mewujudkan Bali yang bersih dari narkoba, sekaligus memberikan perlindungan bagi generasi muda. 7 cr79

Komentar