nusabali

Sanur Village Festival 2024 Kembali Hadir dengan Kreasi Kuliner Unik

  • www.nusabali.com-sanur-village-festival-2024-kembali-hadir-dengan-kreasi-kuliner-unik

DENPASAR, NusaBali.com - Sanur Village Festival (SVF) 2024 akan kembali digelar pada 16 hingga 20 Oktober di Pantai Mertasari, Sanur. Dengan venue yang luas dan akses parkir yang lebih lancar, festival tahunan ini menghadirkan berbagai pengalaman menarik, khususnya dalam bidang kuliner dan seni budaya.

Selama lima hari penuh, pengunjung dapat menikmati aneka ragam kuliner khas Sanur tanpa harus berkeliling wilayah tersebut. Semua hidangan yang mewakili cita rasa unik Sanur tersedia di satu lokasi. Bahkan, tahun ini SVF juga menghadirkan kuliner-kuliner anti-mainstream yang memberikan sentuhan baru bagi pencinta kuliner.

Ketua Yayasan Pembangunan Sanur (YPS) sekaligus Ketua Panitia SVF 2024, Ida Bagus Gede Sidharta Putra, menyampaikan bahwa Sanur Village Festival tahun ini akan dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. "Sanur Village Festival merupakan upaya YPS untuk kembali menggairahkan pariwisata Sanur pascabom Bali II. Sanur kini telah bangkit dan SVF telah menjelma menjadi ajang promosi pariwisata, baik secara lokal maupun internasional," ujarnya.

Sanur, sebagai pionir pariwisata di Denpasar, terus bangkit dari masa sulitnya. Menurut Ida Bagus, ajang ini didesain lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dan fokus memberikan ruang kepada UMKM, pelaku ekonomi kreatif, seniman, serta komunitas setempat. UMKM yang terlibat telah melalui proses kurasi ketat untuk memastikan produk-produk yang ditampilkan sesuai dengan tren masa kini, sambil tetap mempertahankan keunikan lokal. Makanan khas Bali dan Sanur, yang berbahan dasar hasil laut, akan menjadi sajian utama di SVF.

“Kreasi dan inovasi sangat penting di era sekarang agar tetap dapat diterima oleh berbagai generasi. Kami berharap SVF dapat terus berjalan secara berkelanjutan, dengan perkembangan yang mengikuti selera audiens dari tahun ke tahun,” tambahnya.

Sanur Village Festival juga diharapkan menjadi motor pemulihan ekonomi kreatif dan pariwisata di daerah Sanur, serta memacu inovasi dan kreativitas pelaku UMKM yang mendukung sektor pariwisata Bali. Dengan konsep yang terus berkembang, festival ini menjadi agenda tahunan yang dinanti-nanti oleh masyarakat lokal maupun wisatawan internasional.

Festival tahun ini juga akan menampilkan ragam atraksi seni dan budaya khas Bali, memberikan pengalaman mendalam kepada para pengunjung. "Kami menyadari bahwa kreativitas dan inovasi merupakan kunci untuk menjaga keberlanjutan festival ini. Oleh karena itu, setiap tahun, SVF harus lebih baik dan lebih menarik bagi para pengunjung," tutupnya.

Sanur Village Festival 2024 akan menjadi salah satu ajang penting dalam memperkenalkan Sanur dan Denpasar sebagai destinasi wisata yang kaya budaya dan kuliner, serta memperkokoh peran UMKM dalam mendukung kebangkitan ekonomi lokal.

Komentar